Henna Tangan: Bahaya & Cara Pakai yang Aman

efek-samping-henna-tangan-doktersehat

DokterSehat.Com – Banyak wanita yang ingin memiliki hiasan henna pada beberapa bagian tubuhnya terutama di bagian tangan. Sebenarnya, penggunaan henna tangan sudah bukan hal asing lagi di negeri ini. Henna pun sudah digunakan sejak dahulu kala dengan tujuan untuk menghias tangan agar terlihat lebih menarik dan cantik.

Apabila Anda juga menginginkan hiasan henna tangan maka sebaiknya Anda membaca penjelasan di bawah ini hingga tuntas sebelum menerapkan henna di tangan Anda. Baca terus untuk menggali informasi lebih lanjut mengenai henna tangan. Temukan apa saja bahaya henna tangan yang bisa muncul!

Apa itu henna?

Henna adalah sejenis tato tidak permanen yang biasa digunakan pada beberapa bagian tubuh. Bagian tubuh yang paling umum dihias dengan henna adalah bagian tangan. Bahan henna terbuat dari bahan alami yaitu berasal dari tanaman Lawsonia inermis.

Tanaman ini banyak tumbuh di Asia Selatan, Afrika, Arab, dan Australia. Di Indonesia, tanaman ini sering kali disebut juga dengan tanaman pacar. Inilah mengapa henna kerap kali disebut pacar, sedangkan di India disebut sebagai mehndi.

Bagaimana henna bisa mengubah warna kulit?

Mungkin masih ada dari Anda yang belum tahu dan masih penasaran bagaimana cara kerja henna sehingga bisa mengubah warna kulit. Daun dari tanaman pacar ini akan mengeluarkan pigmen atau “lawone” apabila ditumbuk atau dipecah-pecah.

Setelah tumbukan dari daun pacar itu menjadi halus maka ia akan dicampur dengan air sehingga menjadi pasta henna. Pasta henna tersebut apabila mengenai kulit atau kuku maka protein di kulit akan bereaksi dengan pigmen daun pacar sehingga itu akan mewarnai sel-sel kulit menjadi warna oranye, merah, atau coklat tua.

Sejarah penggunaan henna

Henna telah digunakan sejak zaman dahulu kala. Penggunaan henna sudah digunakan oleh bangsa Mesir, Arab, India, dan Cina. Penggunaan henna memiliki perbedaan tersendiri tergantung wilayah. Ada yang menggunakannya pada saat hari raya keagamaan, hari pernikahan, dan lainnya.

Pada masa kini, penggunaan henna hanya sebagai body painting saja atau sekedar hiasan tubuh. Para wanita di eropa pun kini sedang gemar memiliki henna tangan. Banyak toko dan jasa personal yang menawarkan jasa memberikan hiasan henna tangan. Akan tetapi, tunggu dulu, tidak semua henna tangan aman lho!

Bahayakah henna tangan?

Sebenarnya penggunaan henna di tangan tidak berbahaya apabila menggunakan bubuk murni dari daun tanaman henna atau pacar yang hanya dicampur dengan air. Henna tangan menjadi berbahaya apabila terdapat kandungan zat pewarna kimia.

Henna yang dicampur dengan pewarna kimia cenderung berbahaya untuk kulit, yaitu paraphenylenediamine (PPD). PPD sebenarnya merupakan bahan pewarna rambut. Bahan ini sering kali dicampurkan agar cepat menghasilkan perubahan warna hitam dan menjadikannya tahan lama.

Biasanya, henna dalam bentuk pasta cenderung tidak aman karena memungkinkan adanya tambahan pewarna kimia PPD ini. Bahan PPD yang ada di dalam henna sering ditambahkan dalam dosis yang sangat tinggi, sehingga akan menimbulkan beberapa efek samping bagi kulit Anda.

Bahaya henna tangan

Henna tangan yang memiliki kandungan bahan pewarna kimia PPD bisa menimbulkan efek samping pada tangan Anda. Efek samping yang bisa terjadi apabila henna yang Anda gunakan mengandung bahan kimia ini bisa menimbulkan reaksi alergi.

Beberapa reaksi alergi yang bisa ditimbukan sebagai efek samping henna tangan yang mengandung PPD di antaranya adalah gatal, iritasi, terbakar, dan bengkak. Selain itu, efek samping henna yang tidak aman juga bisa meningkatkan sensitivitas pada kulit Anda.

Pada tingkat yang lebih parah, bahaya henna tangan yang terbuat dari bahan kimia berbahaya bisa memicu kelainan darah. Apabila Anda mengalami efek samping tersebut maka segeralah pergi ke dokter spesialis kulit untuk segera mendapatkan penanganan agar efek samping tersebut bisa segera diobati.

Cara pakai henna tangan yang aman

Bahaya henna tangan tidak akan Anda alami selama menggunakan henna yang terbuat dari bahan yang aman. Ada beberapa cara pakai henna tangan yang aman.

Berikut ini adalah beberapa tips aman menggunakan henna tangan:

  • Gunakan henna yang asli yang berwarna oranye, merah atau coklat tua
  • Jangan pernah menggunakan henna tangan yang berwarna hitam
  • Bacalah informasi bahan-bahan pada kemasan henna tersebut
  • Hindari bila terdapat kandungan PPD atau paraphenylenediamine atau tidak terdapat informasi bahan-bahan