Hemaviton Cardio – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

efek-samping-hemaviton-cardio-doktersehat

DokterSehat.Com – Hemaviton Cardio obat apa? Hemaviton Cardio adalah suplemen multivitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung dari kolesterol jahat di dalam darah. Selain itu, ada pula manfaat hemaviton cardio lainnya yang penting bagi kesehatan.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat hemaviton cardio. Penjelasan ini berisikan informasi tentang bentuk sediaan hemaviton cardio, indikasi hemaviton cardio, kontraindikasi hemaviton cardio, manfaat hemaviton cardio, dosis hemaviton cardio, dan efek samping hemaviton cardio.

  • Nama: Hemaviton Cardio
  • Kelas Terapi: Suplemen
  • Monografi Obat: Fitosterol, Multivitamin, dan Mineral

Bentuk Sediaan Hemaviton Cardio

Hemaviton cardio memiliki satu bentuk sediaan. Bentuk sediaan hemaviton cardio adalah berbentuk kaplet yang berwarna merah. Di pasaran, hemaviton cardio memiliki dua jenis kemasan.

Ada hemaviton cardio dengan kemasan dos dan ada pula yang dikemas di dalam botol. Di dalam satu dos berisi dua strip hemaviton cardio. Satu strip hemaviton cardio berisi sepuluh kaplet. Jadi, jika ditotal, satu dos berisi dua puluh kaplet hemaviton cardrio.

Hemaviton cardio yang dikemas di dalam botol juga berisi kaplet bukan cairan sirup. Setiap satu botol hemaviton cardio berisi tiga puluh kaplet. Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi rutin setiap maka kemasan botol bisa menjadi pilihan yang tepat.

Indikasi Hemaviton Cardio

Hemaviton cardio bisa digunakan jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung dari kolesterol jahat, yaitu kolesterol LDL (low-density lipoproteins). Pengonsumsian hemaviton cardio secara teratur dapat mencegah kolesterol masuk ke dalam darah.

Selain itu, Anda juga bisa memakai hemaviton cardio untuk meningkatkan kesehatan dan menunjang aktivitas harian. Kandungan berbagai vitamin dan mineral yang ada di dalam hemaviton bisa meningkatkan imunitas dan stamina Anda.

Kontraindikasi Hemaviton Cardio

Sebenarnya hemaviton cardio tidak memiliki kontraindikasi karena hanya mengandung fitosterol dan beberapa jenis vitamin dan mineral. Kontraindikasi bisa terjadi apabila Anda memiliki masalah alergi terhadap kandungan yang ada di dalam hemaviton cardio.

Jangan pernah memberikan hemaviton cardio pada anak-anak atau remaja. Apabila Anda sedang dalam kondisi hamil dan menyusui maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi hemaviton cardio.

Manfaat Hemaviton Cardio

Hemaviton cardio mengandung fitosterol yang bisa menggantikan kolesterol sebelum masuk ke dalam darah. Fitosterol adalah sebuah senyawa kimia yang memiliki kandungan lemak sterol (steroid).

Berbeda dengan kolesterol, fitosterol merupakan fitokimia yang merupakan senyawa kimia dari tumbuhan. Secara alami, fitosterol ditemukan pada tumbuhan dan tidak ditemukan di dalam tubuh hewan.

Sterol yang berasal dari tumbuhan (fitosterol) cenderung lebih aman bagi kesehatan daripada sterol yang ditemukan pada hewan (kolesterol). Jadi, sebelum masuk ke dalam darah, kolesterol yang masuk ke dalam tubuh lewat asupan harian akan diblok.

Setelah diblok, kolesterol tersebut digantikan dengan fitosterol yang ada di dalam hemaviton cardio. Manfaat hemaviton cardio dapat menggantikan kolesterol dengan fitosterol sehingga jantung dan pembuluh darah menjadi lebih sehat.

Selain fitosterol, ada juga beberapa jenis vitamin di dalam hemaviton cardio. Beberapa jenis vitamin tersebut adalah betakaroten, vitamin B3 (Niasin), vitamin C, dan vitamin E. Mineral yang ada di dalam hemaviton cardio di antaranya adalah seng dan selenium.

Jumlah kandungan fitosterol di dalam hemaviton cardio adalah 400 mg. Nilai kandungan vitamin dan mineral di antaranya adalah betacarotene sebanyak 2500 IU, vitamin C sebesar 150 mg, vitamin E sejumlah 100 IU, vitamin B3 10 mg, seng sebanyak 10 mg, dan selenium sebesar 25 mcg.

Beberapa kandungan mineral dan vitamin yang telah disebutkan juga mampu menurunkan kadar kolesterol dengan cara mencegah adanya penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah. Ini juga mengartikan bahwa manfaat hemaviton cardio bisa mencegah Anda dari penyakit kardiovaskular.

Berbagai mineral dan vitamin yang ada di dalam hemaviton cardio juga dapat meningkatkan kesehatan Anda. Sistem kekebalan tubuh Anda akan meningkat sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Kehadiran berbagai jenis vitamin dan mineral di dalam obat hemaviton cardio juga membawa manfaat lainnya bagi kesehatan. Metabolisme tubuh akan menjadi lebih baik atas bantuan vitamin dan mineral tersebut sehingga Anda menjadi lebih fit.

Dosis Hemaviton Cardio

Penggunaan obat atau suplemen hemaviton cardio haruslah sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis hemaviton cardio yang tepat telah tertera pada kemasan, yaitu 1 kaplet sebanyak tiga kali dalam sehari.

Sebaiknya Anda tidak menambah jumlah dosis yang telah ditetapkan. Dosis hemaviton cardio yang telah disebutkan sebelumnya harus dikonsumsi sesudah makan. Hal ini dikarenakan mengonsumsi obat sebelum makan dapat menimbulkan iritasi lambung.

Efek Samping Hemaviton Cardio

Meskipun bukan sebagai obat, tetapi hemaviton cardio bisa memiliki beberapa efek samping. Efek samping hemaviton cardio bisa menyebabkan buang-buang air besar atau diare. Selain itu, obat hemaviton cardio juga bisa membuat tinja menjadi lebih berlemak.

Selain itu, Anda juga memiliki efek samping overdosis jika mengonsumsi suplemen hemaviton cardio secara berlebih atau lebih dari dosis. Anda bisa memiliki gejala yang sama pada kondisi kelebihan betakaroten, kelebihan vitamin B3, kelebihan vitamin C, kelebihan vitamin E, kelebihan seng dan selenium.

Kelebihan fitosterol juga dapat membuat Anda mengalami kekurangan kolesterol. Bagaimana pun kolesterol juga memiliki manfaat bagi tubuh. Kolesterol memiliki peran bagi produksi hormon dan vitamin.

Manfaat kolesterol juga bisa menjaga sel-sel yang ada di dalam tubuh. Fungsi otak dapat berjalan dengan baik jika tubuh mengandung kolesterol yang cukup. Jadi, jika tubuh mengalami kekurangan atau defisiensi kolesterol maka beberapa manfaat kolesterol yang telah disebutkan akan mengalami gangguan.

 

Sumber:

  1. Hemaviton: Hemaviton Cardio. https://www.hemaviton.com/produk/detail/hemaviton-cardio [diakses pada 8 Februari 2019]