Cegah Heartburn Saat Diet dengan Cara ini

doktersehat-sakit-perut-mual

DokterSehat.Com– Ketika sedang melakukan program diet, tentu saja ada beberapa efek dan kondisi yang akan dialami. Kondisi tersebut biasanya tak lazim sehingga membuat kebanyakan orang menjadi khawatir karenanya. Salah satu efek yang akan dihasilkan ketika diet adalah heartburn. Tahukah Anda apa itu heartburn?

Sesuai dengan namanya, heartburn adalah sebuah kondisi tak normal yang terjadi pada dada. Biasanya, heartburn akan memberikan sensasi panas layaknya terbakar disertai rasa perut yang seakan penuh sesak, padahal belum makan. Bahkan, banyak yang tidak menahan rasa itu hingga jatuh pingsan.

Perlu diketahui terlebih dahulu, heartburn terjadi akibat organ perut bekerja terlalu keras. Hal itu bisa terjadi karena perut kaget, setelah kosong seharian lalu dimasuki makanan yang sifatnya keras dan susah dicerna. Alhasil, produksi gas akan meningkat yang bisa membuat rasa sesak dan sensasi panas pada area esophagus.

Untuk bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, sebaiknya tidak terlalu membatasi pola makan, bahkan sampai tidak makan seharian penuh. Hal itu adalah cara yang salah, bukannya mendapat kesehatan, justru program diet yang dilakukan secara ngawur akan memberikan dampak berbahaya bagi tubuh Anda, salah satunya adalah heartburn.

Sebaiknya, diet yang baik dilakukan dengan mengatur jadwal dan menu makan secara tepat. Misalnya, Anda terbiasa makan tiga kali sehari, maka aturlah jadwal tersebut menjadi dua kali sehari dengan menu yang teratur. Adapun menu yang baik dikonsumsi saat diet adalah menu makanan yang sifatnya lembut dan ringan, seperti oatmeal, bayam, pisang, dan sebagainya.

Lebih dari itu, jangan lupa juga untuk rutin dan memperbanyak konsumsi air putih setiap hari. Sebab, selain bisa melancarkan pencernaan dan mengurangi lapar, air putih juga bisa mencegah terjadinya heartburn. Jangan pernah sepelekan kondisi yang satu ini, sebab sudah banyak orang yang tersiksa dan sulit menghilangkannya.