DokterSehat.Com– Puasa adalah sebuah ibadah yang dilakukan dengan tidak makan dan minum mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Dengan begitu, setiap orang yang berpuasa akan mengalami rasa lapar dan haus yang cukup hebat, terlebih di siang hari. Namun, kebanyakan orang masih mampu menahan lapar, tapi tidak untuk menahan haus.

doktersehat-haus

Apakah Anda juga demikian? Ya, hal tersebut memang wajar, sebab di dalam tubuh manusia, air adalah komposisi yang paling banyak, mencapai 65 persen. Maka bukan hal yang aneh jika setiap orang sangat sulit menahan rasa haus, apalagi di siang bolong dan terkena terik matahari secara langsung.

Hal tersebut yang biasanya membuat kebanyakan orang menjadi sangat berat menjalankan ibadah puasa. Nah, jika Anda mengalami hal demikian, berikut adalah tips mengatasi haus ketika sedang berpuasa.

1. Kurangi Makan Asin

Saat sedang sahur, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan asin. Sebab, rasa asin pada makanan bisa menekan resisten cairan pada tubuh sehingga membuat Anda menjadi lebih mudah haus. Jika Anda memang tidak bisa makan tanpa garam, Anda bisa mengonsumsinya tapi sedikit saja. Jangan sampai terlalu asin sebab semakin banyak garam yang dikonsumsi, maka semakin besar pula rasa haus yang diciptakan.

2. Jangan Banyak Bicara

Saat sedang beraktivitas atau bekerja di siang hari, sebaiknya Anda lebih menahan diri untuk tidak berbicara secara berlebihan. Sebab, dengan terlalu banyak bicara, rasa haus pun akan semakin kuat dan mengganggu tenggorokan serta lidah Anda. Usahakan untuk lebih diam dan tidak berbicara jika memang tidak terlalu penting.

3. Perbanyak Air

Ini yang paling penting, yaitu perbanyak mengonsumsi air putih. Namun, dalam mengonsumsi air putih pun Anda tidak diperkenankan dalam satu waktu, tapi berkala. Usahakan tetap minum air putih setidaknya delapan gelas, mulai dari malam hingga sahur. Dengan memenuhi kebutuhan tersebut, maka rasa haus di siang hari tidak akan terlalu kuat sehingga Anda masih bisa beraktivitas dan berpuasa dengan lancar.