Hati-Hati, Jangan Simpan Makanan Pada Suhu Ini!

doktersehat-kulkas-lemari-es

DokterSehat.Com– Mudah basi dan mudah terkontaminasi kuman. Itulah ciri dari makanan yang sehari-hari kita konsumsi. Karena itu, kita harus mengetahui cara penyimpanannya yang benar karena masing-masing berbeda.  Tapi ternyata kita harus berhati-hati, karena ada rentang suhu tertentu dimana makanan tidak boleh disimpan pada suhu tersebut.

Saat membeli bahan makanan, kita sebaiknya harus segera memutuskan apakah makanan tersebut akan kita simpan atau segera kita olah sebagai masakan. Hal ini penting karena mendiamkan makanan pada suhu yang tidak tepat akan meningkatkan risiko makanan terkontaminasi bakteri dan menyebabkan keracunan.

Berbagai asosisasi kesehatan dan pangan dunia, seperti United States Departement of Agriculture dan Food Drug Administration, menyebutkan bahwa ada rentang suhu yang disebut dengan danger zone.

Pada suhu ini, bahan makanan, utamanya bahan makanan mentah, misalnya daging, telur, seafood, tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena suhu tersebut merupakan suhu ideal untuk tumbuhnya bakteri.

Untuk itu bahan makanan mentah tidak boleh disimpan dalam suhu danger zone yaitu 4 – 60 derajat celcius. Rentang angka ini termasuk dalam rentang suhu ruang yang rata-rata 20-25 derajat celcius.

Maka  ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam menyimpan makanan agar terhindar dari danger zone, yaitu:

1.Segera menentukan dan mempersiapkan bahan makanan untuk diolah atau akan disimpan

 

2. Perhatikan suhu penyimpanan

 

Jika bahan makanan akan kita simpan, maka simpan pada suhu beku di bawah danger zone yaitu:

– Di bawah 4 derajat celcius untuk suhu kulkas, dan

– Di bawah -18 derajat celsius untuk suhu frezeer

3. Jika makanan akan kita olah

 

Pastikan suhu saat memasak di atas danger zone yaitu:

– Di atas 63 derajat celcius untuk daging dan seafood

– Di atas 71 derajat celcius untuk olahan telur dan beberapa bagian daginag

– Di atas 74 derajat celcius untuk daging unggas

Suhu penyimpanan dan pengolahan makanan merupakan poin penting yang harus kita perhatikan agar kualitas makanan dan kandungan gizinya tetap terjaga.

Jadi, jangan asal menyimpan bahan makanan, hati-hati dengan danger zone ya!