DokterSehat.Com– Selama ini mungkin kita menganggap, makanan yang mengandung protein, tidak mengandung lemak. Padahal, ada juga lho, bahan makanan atau lauk pauk yang kita konsumsi ternyata memiliki kandungan lemak yang tinggi.



Menurut Kementerian Kesehatan RI dalam buku Daftar Bahan Makanan Penukar, terdapat golongan bahan makanan yang disebut kaya akan protein dan kaya akan lemak lemak.

Dalam bahan makanan tersebut terkandung 7 gram protein dan 13 gram lemak. Komposisi angka tersebut termasuk sangat tinggi untuk jenis bahan makanan berprotein.

Adapun bahan makanan berprotein tersebut adalah:

1.Bebek

Bahan makanan ini memiliki kandungan lemak yang tinggi dalam satu potong sedangnya, yaitu sebesar 45 gram. Pada porsi tersebut terdapat kandungan lemak sebesar kurang lebih 13 gram.

Umumnya, bebek yang disajikan di restoran adalah dalam bentuk lalapan. Bebek dengan berat yang lebih dari 45 gram, diketahui mengandung lemaknya lebih dari 13 gram.

2. Kuning telur ayam

Kuning telur ayam juga mengandung  lemak yang tinggi.

3. Telur bebek

Telur bebek memiliki kandungan lemak yang tinggi. Dalam satu butir telur yang setara dengan 55 gram terdapat kandungan lemak yang sama dengan 13 gram.

Bahan makanan tersebut kaya akan protein, namun kandungan lemaknya sangat tinggi. Sehingga bila Anda sedang dalam rangka diet menurunkan berat badan, sebaiknya menghindari  makanan-makanan itu,  ya.