Terbit: 17 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda penggemar alpukat? Jika iya, maka pernahkah mendengar istilah avocado hand?

Awas! Avocado Hand Mengintai Jika Asal Kupas Alpukat

Avocado hand belakangan ini banyak dibahas dan ditelaah dari sisi kesehatan mengingat risiko bagi kesehatan sendi dan fungsi gerak telapak tangan. Lalu, apa itu avocado hand?

Avocado hand atau avocado hand injury adalah luka terkena pisau saat kita akan mengupas atau membuang bagian biji alpukat.

Terdengar sepele namun ternyata hal ini mendapatkan perhatian khusus dari berbagai asosiasi kesehatan dunia seperti Irish Medical dan Mayo Clinic.

jus-alpukat-doktersehat

Photo Credit: flickr/ Kjokkenutstyr Net

Avocado hand mendapat perhatian di dunia maya

Mayo Clinic menyebutkan bahwa avocado hand menjadi salah satu luka akibat kesalahan diri sendiri (self injury) yang banyak terjadi dan mendapat perhatian cukup besar,utamanya di dunia maya melalui tagar dengan istilah yang sama.

Kondisi ini tentu wajar mengingat alpukat adalah buah yang cukup populer di banyak negera.

Avocado hand mendapatkan perhatian, karena kita kerap mengganggap mengupas atau membuka bagian pada alpukat sebagai hal yang sangat sepele, padahal risiko yang terjadi untuk keselamatan diri cukup besar.

Avocado hand dijelaskan oleh Rahmani, seorang peneliti dalam Irish Medical Journal, sebagai hal yang terjadi akibat cara memegang alpukat yang lazimnya adalah tangan dominan yang memegang pisau dan tangan yang non dominan memegang alpukat.

Hal ini berisiko karena kita umumnya kurang mampu memperkirakan bagaimana tekstur alpukat, baik tekstur daging buah atau bijinya. Kondisi ini membuat kita menjadi terlalu keras saat menekan pisau untuk membelah buah atau menusuk pisau ketika akan membuang bijinya.

Risiko luka akibat avocado hand

Luka akibat avocado hand yang banyak terjadi adalah luka akibat salah dalam memotong alpukat ketika telah terbagi dua.

Kesalahan yang umum terjadi adalah luka berupa luka iris pada bagian sisi tangan antara dua jari atau bahkan hingga luka tusuk ke bagian tengah telapak tangan.

doktersehat-tangan-terluka-injury-perban

Photo Credit: Chris Conway, Hilleary Osheroff

Hal ini kemudian disebutkan oleh Dr. Sanj Kakar, dari Mayo Clinic, sebagian luka yang cukup berta dan memerlukan operasi yang tidak bisa dibilang ringan. Selain itu, terjadinya avocado hand secara tidak langsung bisa memengaruhi kondisi tangan hingga persendian di telapak tangan.

Lalu, bagaimana caranya agar kita terhindar dari avocado hand?

Jen Welper, seorang eksekutif chef memberikan empat tips super mudah untuk kita agar terhindar dari avocado hand. Empat tips tersebut adalah:

1. Pastikan pisau tajam

Sebelum mengupas alpukat, pastikan bahwa pisau yang Anda miliki adalah pisau yang tajam. Pisau yang tajam akan membuat Anda lebih mudah dalam memperikarakan gerakan saat mengupas atau memotong bagian alpukat.

doktersehat-alpukat-avocado

2. Pilih alpukat yang sudah matang

Pastikan alpukat matang sebelum mengupasnya. Alpukat yang belum matang sempurna tentu memiliki beberapa bagian yang masih keras dan berisiko menyebabkan Anda butuh ekstra tenaga saat mengupasnya.

Hal ini tentu meningkatkan terjadinya avocado hand karena kekeliruan saat memperkirakan gerakan pisau.

3. Ketahui cara mengupas alpukat yang tepat

Cara membelah alpukat yang tepat adalah dengan membagi alpukat menjadi dua bagian dengan memotong atau mendorong pisau tepat pada bagian tengah alpukat hingga mengenai bagian bijinya, lalu putar perlahan pisau mengikuti buah untuk membelahnya. Hal ini akan efektif dan aman untuk membelah buah alpukat.

doktersehat-alpukat

4. Membuang biji dengan aman

Jika alpukat telah Anda pastikan aman, maka membuang alpukat bukanlah hal yang menyeramkan lagi. Anda hanya perlu sedikit menekan pisau pada bagian biji alpukat.

Biarkan pisau tetap menempel pada biji, lalu putar biji alpukat berlawan arah jarum jam, agar memudahkan tangan Anda. Setelah biji mudah bergerak maka Anda tinggal mengangkat biji alpukat tersebut.

Setelah itu kedua bagian alpukat yang tanpa biji bisa Anda ambil menggunakan sendok atau potong dadu dengan hati-hati menggunakan pisau.

Kini Anda bisa megonsumsi alpukat lebih aman karena terbebas dari ancaman avocado hand, bukan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi