Hari Susu Sedunia: Tingkat Konsumsi Susu Keluarga Indonesia Ternyata Masih Rendah

doktersehat-sehat-nutrisi-sayur-buah-susu-daging

DokterSehat.Com– Meskipun susu termasuk dalam bahan makanan yang cukup mudah ditemui di berbagai tempat di Indonesia, konsumsu susu masyarakat tanah air ternyata masih sangat rendah, yakni hanya 12 liter saja untuk setiap orang per tahun. Fakta ini terungkap dari data Nielsen RUU Data (non-projected) pada tahun 2014 dan BPS.

Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan mendorong masyarakat untuk melakukan berbagai hal yang mendukung kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Susu bisa menjadi jawaban akan kebutuhan gizi tersebut mengingat tinggginya kandungan fosfor, niacin, riboflavin, vitamin A, vitamin B12, kalsium, vitamin D, protein, dan kandungan lainnya pada minuman ini.

Yang menjadi masalah adalah, mengkonsumsi susu masih belum benar-benar membudaya bagi masyarakat Indonesia. Susu bahkan kera dianggap sebagai bahan makanan berharga mahal. Jika kita bandingkan konsumsi susu per orang Indonesia yang hanya 12 liter setiap tahunnya, angka ini jelas kalah jauh jika dibandingkan dengan konsumsi susu warga negara tetangga layakny Malaysia dan Filipina yang sudah mencapai 22 liter per orang per tahun, serta Thailand yang sudah mencapai 33,7 liter.

Ddirektur Pengolahan Hasil Pertanian Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Kementerian Pertanian, Nazaruddin, menyebutkan bahwa kesadaran masyarakat untuk minum susu memang masih sangat rendah, apalagi di kawasan pedesaan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini, khususnya belum meratanya sentra peternak sapi, khususnya yang berada di luar Pulau Jawa.

Produksi susu segar dalam negeri ternyata hanya 900 ribu ton per tahun atau hanya memenuhi 26 persen dari kebutuhan nasional. Alhasil, pemerintah pun harus mengimpor susu segar untuk memenuhi 76 persen sisa kebutuhan.

Perayaan Hari Susu Sedunia ini diharapkan bisa menjadi saat yang tepat bagi kita untuk meningkatkan kesadaran semua orang tentang pentingnya mengkonsumsi susu. Tak hanya akan mendorong kualitas gizi dan kecerdasan masyarakat, mengkonsumsi susu juga bisa mendorong industri sapi perah nasional.
Melihat adanya fakta ini, apakah anda sudah minum susu hari ini?