Hari Palang Merah Sedunia: Mengenal Pentingnya Peran Palang Merah Bagi Dunia Kesehatan

palang-merah-sedunia-doktersehat
Photo Credit: pexels.com/ Matthias Zomer

DokterSehat.Com– Setiap tanggal 8 Mei Kita memperingati Hari Palang Merah Sedunia. Jika kita membicarakan tentang palang merah, hal pertama yang akan kita pikirkan tentu saja adalah tentang kegiatan donor darah yang memang kerap dilakukan oleh organisasi ini. Padahal, peran Palang Merah tidak hanya tentang kegiatan donor saja. Ada banyak sekali peran dari organisasi ini di bidang kesehatan dan kemanusiaan.

Tanggal 8 Mei dipilih sebagai Hari Palang Merah Sedunia karena pada tanggal inilah Bapak Palang Merah, Jean Henri Dunant dilahirkan. Henry Dunant adalah seorang pengusaha sekaligus aktifis sosial yang berasal dari Swiss, negara yang dikenal luas sebagai negara yang netral di dunia. Beliaulah yang menginspirasi terbentuknya Komite Internasional Palang Merah (ICRC) pada tahun 1863. Berkat gagasannya inilah, Dunant akhirnya meraih Nobel Perdamaian pada tahun 1901.

Pada tahun 2017, organisasi Palang Merah di seluruh dunia pun mengedepankan slogan “Everywhere for Everyone” yang berarti ”Dimanapun untuk Siapapun”. Slogan ini memiliki arti bahwa organisasi ini akan selalu siap untuk berada di manapun untuk membantu siapa saja tanpa melihat perbedaan suku, agama, gender, dan pandangan politik. Untuk Palang Merah di Indonesia, slogan yang dikedepankan adalah #KitaSiapBantu yang juga dimaksudkan untuk mengajak semua orang untuk siap dan bisa membantu orang lain saat dibutuhkan. Slogan ini juga menjadi salah satu cara PMI untuk membangkitkan lagi rasa peduli di tengah-tengah masyarakat.

Kementerian Kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menyarankan setiap orang untuk menerapkan gaya hidup sehat agar selalu berada dalam kondisi yang sehat dan tidak mudah jatuh sakit. Selain itu, ada baiknya kita juga selalu memiliki peralatan P3K dan memahami beberapa tips pertolongan pertama agar bisa menolong orang lain yang membutuhkan.