Hari Malaria Sedunia: Kenali Beberapa Fakta Tentang Penyakit Mematikan Ini

Kenali Gejala Malaria sebelum Terlambat

DokterSehat.Com– Seluruh dunia memperingati Hari Malaria Sedunia pada 25 April. Sebagaimana kita ketahui, malaria termasuk dalam penyakit yang paling mematikan dalam sejarah manusia. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Anopholes. Yang menjadi masalah adalah, nyamuk ini masih bisa ditemukan di beberapa daerah di Indonesia sehingga bisa dikatakan, masyarakat tanah air cukup rentan untuk terkena malaria.

Badan Kesehatan Dunia WHO menyebutkan bahwa 4,2 miliar penduduk, atau sekitar separuh dari populasi total di dunia rentan terkena malaria. Bahkan, pada tahun 2015, ditemukan fakta bahwa 214 juta orang terinfeksi malaria dengan 438 ribu diantaranya harus meregang nyawa karenanya.

Kementerian Kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat menyarankan masyarakat Indonesia untuk mengenali beberapa fakta mengenai penyakit malaria agar bisa melakukan berbagai cara yang lebih baik untuk mencegahnya.

  • Fakta pertama dari penyakit malaria adalah korban kematiannya yang bisa mencapai sekitar setengah juta jiwa setiap tahun. Yang mengerikan adalah, kebanyakan dari korban ini adalah anak-anak.
  • Fakta berikutnya dari penyakit malaria adalah gejalanya yang cenderung mirip dengan flu. Pedneritanya akan merasakan gejala layaknya demam dan sakit kepala sehingga seringkali disepelekan. Sayangnya, kondisi kesehatan penderitanya akan cenderung semakin menurun jika tidak mendapatkan penanganan medis yang tepat.
  • Malaria cenderung lebih mudah menyebar di lingkungan dengan iklim yang lembab dan hangat. Karena alasan inilah ada baiknya kita berhati-hati jika berkunjung ke tempat yang rawan malaria, khususnya rawa-rawa atau pesisir pantai.
  • Jika ibu hamil terinfeksi malaria, janin di dalam kandungannya juga ikut terinfeksi dan bisa memicu masalah bayi yang terlahir dengan berat badan terlalu rendah.
  • Malaria tidak akan menular antar manusia. Karena alasan inilah ada baiknya kita tida perlu takut memegang orang yang terkena penyakit ini.
  • Malaria belum ada vaksinnya sehingga sebaiknya kita menjaga kebersihan rumah dan memastikan untuk mencegah kedatangan nyamuk agar tidak menggigit orang di dalam rumah.