Hari Lanjut Usia Nasional: Begini Tips Sehat Bagi Orang Lanjut Usia

doktersehat-orangtua-olahraga

DokterSehat.Com– Pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional, ada baiknya kita memahami lebih baik berbagai kondisi kesehatan orang lanjut usia (Lansia). Sebagaimana kita ketahui, terdapat sebuah pemahaman yang kurang tepat tentang lansia dimana mereka yang sudah berusia 60 tahun ke atas sepertinya cukup wajar untuk terkena penyakit dan kesulitan untuk mengurus dirinya sendiri. Padahal, para lansia sebenarnya bisa hidup dengan kondisi sehat dan bugar tanpa perlu membutuhkan bantuan orang lain.

Beberapa jenis penyakit yang kerap diderita oleh lansia adalah tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, serta osteoporosis. Demi mencegah datangnya penyakit-penyakit tersebut dan membuat para lansia bisa menikmati hidup di usia senja, Kementerian Kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) pun menyarankan para lansia untuk menerapkan berbagai tips sehat seperti sebagai berikut.

Mengkonsumsi makanan sehat

Mengingat daya tahan tubuh lansia tidak sekuat anak muda, maka ada baiknya mereka juga menghindari beberapa jenis makanan yang kurang baik bagi kondisi kesehatannya. Makanan yang terlalu manis, pedas, asin, asam, atau berlemak sebaiknya dikurangi. Sementara itu, makanan yang sehat layaknya buah-buahan dan sayur mayur sebaiknya diperbanyak demi memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Kurangi pula asupan makanan olahan yang biasanya memiliki kandungan tidak sehat bagi tubuh.

Beristirahat dengan cukup

Jangan ikut-ikutan begadang sebagaimana yang kerap dilakukan oleh anak muda. Para lansia sebaiknya mendapatkan waktu tidur yang cukup karena mereka tentu akan lebih mudah merasa lelah jika memaksakan diri untuk melakukan banyak kegiatan hingga larut malam.

Berolahraga dengan teratur

Berolahaga dengan teratur akan memberikan dampak kesehatan yang luar biasa bagi lansia. Dengan melakukannya, maka sistem metabolisme tubuh para lansia akan bekerja dengan semakin optimal dan daya tahan tubuh juga meningkat sehingga mereka pun tidak akan jatuh sakit. Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan adalah jogging, berjalan kaki, yoga, atau senam.

Memenuhi asupan kalsium

Sebenarnya, demi terhindar dari masalah kesehatan tulang atau osteoporosis di usia tua, sejak usia muda kita sangat disarankan untuk mengkonsumsi kalsium dengan jumlah yang cukup setiap hari. Untuk mendapatkannya, kita bisa mengkonsumsi susu secara teratur.

Tidak stress

Stress bisa berimbas pada tekanan darah tinggi, masalah kesehatan yang bisa sangat berbahaya bagi para lansia. Karena alasan inilah ada baiknya para lansia hidup dengan tenang di usia tua dan tidak mudah terkena stress demi menjaga kondisi kesehatannya.

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin

Dengan melakukannya, para lansia bisa berkonsultasi pada dokter tentang gaya hidup seperti apa yang bisa membuat mereka tetap sehat di usia lanjut.