Hari Keluarga Nasional: Tips Agar Keluarga Selalu Sehat

piknik-keluarga-doktersehat
Photo Credit: Daisy Wilkinson

DokterSehat.Com– Memperingati Hari Keluarga Nasional yang jatuh pada 29 Juni, ada baiknya kita semakin mengerti pentingnya menjaga kesehatan keluarga. Hal ini disebabkan karena jika ada salah satu saja anggota keluarga yang jatuh sakit, maka dikhawatirkan anggota keluarga lainnya juga akan ikut-ikutan jatuh sakit. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan demi menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga.

Mengikuti panduan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Gerakam Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) adalah program yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI dengan tujuan meningkatkan kesehatan masyarakat. Dalam program ini, masyarakat diminta untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, rutin berolahraga, dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan pada dokter atau instansi kesehatan lainnya.

Agar seluruh anggota keluarga tetap sehat, ada baiknya kita mengikuti pedoman GERMAS tersebut dengan selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang setiap hari, melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, dan ruin melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh.

Menjaga kebersihan badan dan lingkungan

Jangan malas, membersihkan badan dengan mandi dua kali sehari memiliki peran besar dalam hal menjaga kesehatan anggota keluarga. Tak hanya itu, menjaga kebersihan lingkungan juga akan membuat rumah kita terbebas dari bibit-bibit penyakit.

Satu hal yang masih jarang dilakukan oleh keluarga Indonesia namun sangat penting bagi kesehatan adalah mencuci tangan dengan sabun. Pastikan untuk mulai rutin melakukannya, khususnya sebelum makan dan setelah keluar dari kamar mandi.

Menyediakan persiapan obat-obatan

Persiapkan obat-obatan ringan layaknya obat batuk, pilek, obat herbal, madu, obat gosok, dan perlatan P3K di dalam rumah agar kita bisa segera melakukan pertolongan pertama pada anggota keluarga yang sakit atau mengalaim cedera.

Istirahat yang cukup

Pastikan bahwa semua anggota keluarga memiliki waktu tidur yang cukup agar tubuh bisa mendapatkan waktu untuk beristirahat dan menjaga kesehatan tubuh.
Dengan melakukan berbagai hal tersebut, seluruh anggota keluarga pun akan menjadi semakin sehat dan tidak akan mudah jatuh sakit.