Hari Buah Sedunia: Sehat dengan Makan Buah

doktersehat-buah-detox-diet

DokterSehat.Com– Meskipun memiliki rasa yang enak, kita cenderung masih malas mengkonsumsi buah-buahan. Padahal, buah sangatlah penting bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang. Kementerian Kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) bahkan memasukkan anjuran makan buah dan sayuran sebagai dasar dari gerakan nasional tersebut. Bertepatan dengan Hari Buah Sedunia yang jatuh pada 1 Juli, berikut ini adalah buah-buahan yang baik untuk kesehatan Anda sehingga sebaiknya kerap kita konsumsi.

1. Pisang

Pisang adalah buah tropis yang mudah ditemui di Indonesia. Pisang sudah sejak lama dikonsumsi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Buah dengan aroma khas yang menggoda selera ini merupakan sumber protein, karbohidrat, vitamin dan mineral tubuh.

Kandungan karbohidrat dalam pisang cukup untuk menggantikan karbohidrat yang diperoleh dari nasi. Maka, bagi Anda yang ingin berdiet, mengganti menu sarapan dan makan malam dengan pisang adalah opsi yang patut dicoba. Tak hanya itu, pisang mengandung serat dan aneka vitamin, sehingga mengkonsumsinya akan membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Kandungan vitaminnya juga akan menjadikan tubuh tetap segar.

2. Sawo

Buah bulat berwarna coklat ini rasanya manis dan berair. Dari segi kesehatan, sawo mengandung cukup banyak asam folat. Senyawa ini bermanfaat dalam membantu pembentukan sel darah merah. Selain itu asam folat juga dapat mencegah pembentukan homosistein yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.
Kandungan vitamin C dan vitamin A di dalam buah sawo dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan kulit dan juga selaput lendir. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat melawan serangan radikal bebas serta mencegah terjadinya infeksi.

3. Nanas

Nanas kaya akan vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B1, serta folat. Selain itu, nanas juga memiliki bromelain, semacam enzim pencernaan yang baik bagi sistem pencernaan manusia.

4. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya manfaat bagi kesehatan. Buah yang dagingnya berwarna hijau kekuningan ini mengandung Vitamin B6, B5, dan B2 yang diperlukan dalam proses sintesis pada hormon, meminimalisasi stress, dan menghadirkan sistem kekebalan tubuh yang baik. Alpukat juga mengandung biotin yang baik untuk kesehatan kuku dan rambut.