Hari Anti Narkoba Sedunia: Begini Cara Agar Remaja Tidak Mudah Terkena Narkoba

DokterSehat.Com– Memperingati Hari Anti Narkoba Sedunia yang berlangsung pada tanggal 26 Juni, ada baiknya kita semakin menyadari betapa berbahayanya narkoba dan obat-obatan terlarang bagi bangsa. Tak hanya merusak kesehatan, narkoba juga mampu merusak mental dan masa depan generasi muda.

Yang menjadi masalah adalah, angka pengguna narkoba di kalangan remaja cenderung meningkat. Hal ini biasanya disebabkan oleh sifat para remaja yang ingin tahun dan tertarik untuk coba-coba. Padahal, sekali mencoba narkoba, akan sangat sulit untuk lepas dari jeratan obat terlarang ini.

Kementerian Kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) mengungkapkan beberapa langkah yang bisa dilakukan agar remaja tidak mudah terkena narkoba seperti sebagai berikut.

Lebih selektif dalam bergaul

Pergaulan yang tidak benar seringkali menjadi pemicu utama remaja akhirnya terjebak dalam narkoba. Jika teman-teman kita mulai menggunakannya, ada baiknya kita dengan tegas menolaknya dan mulai memilih untuk tidak sering-sering bersama mereka. Ingat, pengguna narkoba juga berpotensi untuk berurusan dengan pihak kepolisian sehingga ada baiknya memang kita lebih selektif dalam bergaul.

Jangan sekali-kali mencoba

Kesalahan terbesar para remaja atau anak muda hingga akhirnya terjebak narkoba adalah penasaran dan akhirnya mencoba narkoba. Padahal, sekali saja mencoba, kita akan terus ingin menikmati narkoba dan akhirnya kecanduan.

Berpikir jangka panjang

Meskipun masih remaja, bukan berarti kita tidak berpikir panjang apalagi tidak berpikir tentang masa depan. Sadari betapa besar dampak narkoba bagi kesehatan fisik, mental, hingga kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang sebenarnya memiliki prestasi dan masa depan yang terlihat cemerlang namun akhirnya harus berakhir dengan narkoba yang sangat mengenaskan. Bahkan, banyak kasus dimana pengguna narkoba pada akhirnya berakhir di dunia kriminal. Kita tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Memiliki hobi yang positif

Dengan memiliki hobi yang positif seperti olahraga, musik, mendaki gunung, dan lain sebagainya, maka kita pun akan berada di lingkungan dengan orang-orang yang positif. Tak hanya itu, kita juga akan disibukkan dengan hal-hal yang bersifat positif sehingga tidak akan tertarik untuk menggunakan narkoba.