Hari Anak Nasional: Ajari Anak-Anak Kebiasaan Positif

Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.ComРKeluarga merupakan komponen penting dalam upaya pencegahan  penyakit selain kualitas lingkungan dan sarana prasarana kesehatan. Keluarga juga merupakan tempat pertama kali kehidupan sosial dan pendidikan didapatkan oleh anak, termasuk pendidikan terkait kesehatan.

Perilaku hidup sehat yang didapatkan sejak dini akan memicu kesadaran terhadap pentingnya kesehatan baik dalam ranah keluarga maupun masyarakat.

Dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan Kementerian Kesehatan, keluarga juga menjadi faktor penting untuk mewujudkan masyarakat yang sehat. Lebih dari itu, keluarga pun menjadi faktor penting untuk mendidik anak sejak dini.

GERMAS merupakan sebuah gerakan nasional yang memfokuskan pada perilaku-perilaku hidup sehat yang diterapkan dalam keseharian, seperti berolahraga secara teratur, makan-makanan bernutrisi, tidak merokok dan minum alkohol, buang sampah pada tempatnya, dan lain sebagainya.

Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli ini seharusnya bisa menjadi waktu yang tepat untuk menjadikan anak-anak mencintai kebersihan dengan teladan dan contoh yang baik.

Mencintai kebersihan tak bisa dipaksakan, terlebih bagi anak-anak. Komitmen itu muncul dari diri sendiri. Namun begitu, proses membiasakan diri bisa kita lakukan. Beberapa contoh kecil yang dilakukan secara rutin juga akan membuat anak terbiasa.

Nah, kebiasaan sederhana apa saja yang sebaiknya bisa terapkan pada anak?

Merapikan tempat tidur

Kebanyakan anak tidak terbiasa merapikan tempat tidurnya setelah dia bangun. Namun, bukan berarti dia malas. Mereka hanya tidak terbiasa saja. Maka dari itu, agar tidak semakin berlarut-larut, ada baiknya kita segera mengajari anak untuk merapikan tempat tidurnya segera setelah bangun.
Ajarilah anak-anak untuk merapikan tempat tidurnya. Jangan lupa pula untuk menunjukkan pada mereka cara melipat selimut atau merapikan sprei serta sarung bantalnya. Berilah pemahaman bahwa saat tempat tidur tertata rapi, tidur kita pun akan terasa nyaman.

Merapikan mainan

Anak suka sekali bermain, tapi paling enggan untuk merapikan kembali mainannya. Maka, ajarilah anak untuk menata kembali mainan yang digunakannya sebelumnya. Tidak perlu menggunakan ancaman atau bentakan agar mereka bersedia melakukannya, tunjukkanlah di mana dia harus meletakkan kembali mainannya atau jika perlu Anda bisa membuatkan mereka keranjang atau ruangan khusus untuk menyimpan barang-barangnya.

Mandi dua kali sehari

Jika buah hati Anda tidak suka mandi, barangkali hal itu menurun dari Anda sendiri. Apakah kita juga mandi secara teratur?

Pemahaman terpenting yang harus disampaikan kepada anak-anak adalah bahwa mandi dua kali sehari dapat menjaga kesehatan tubuh mereka terutama daerah kulit yang kotor setelah seharian beraktivitas.

Membuang sampah

Jepang menjadi negara maju lantaran anak-anaknya telah diajari berbagai perilaku ideal seperti membuang sampah pada tempatnya dan mengantre dengan baik. Anak-anak harus dibiasakan sedini mungkin untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.

Cuci tangan sebelum makan

Ini juga penting bagi anak-anak. Berilah pengertian kepada anak-anak Anda bahwa setelah selesai beraktivitas mereka harus mencuci tangan dengan sabun.