Hanya Makan Malam dengan Buah, Berbahayakah?

obat-penurun-darah-tinggi-doktersehat

DokterSehat.Com– Demi menurunkan berat badan, banyak orang yang memilih untuk melewatkan makan malam. Jika sampai lapar, maka mereka akan memilih untuk hanya makan buah untuk mengganjal perut. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita hanya makan malam dengan buah?

Menurut pakar kesehatan, kebiasaan hanya makan buah di malam hari ternyata bisa memicu gangguan kesehatan. Menurut Pakar kesehatan Prof. Dr. Hardinsyah, MS, hal ini bisa memicu ketidakseimbangan kadar gula darah.

“Hanya makan malam dengan buah bisa sebabkan gula darah tidak seimbang. Program diet seharusnya diaplikasikan di setiap waktu makan dengan menerapkan pola makan dengan kadar gizi yang seimbang, bukannya hanya memilih makanan tertentu saat siang atau malam hari,” jelas Prof. Hardinsyah.

Meskipun buah memang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, dalam realitanya kita sebaiknya tetap memperhatikan kadar gizi makanan yang kita konsumsi. Sebagai contoh, kita tetap mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna namun porsinya dikurangi.

“Buah jangan dijadikan menu utama, tapi sebagai bahan makanan tambahan atau camilan saja. Selain itu, pastikan untuk makan malam di waktu yang tidak terlalu larut, yakni sekitar pukul 17.00 hingga 19.00,” saran Prof. Hardinsyah.

Jika memang kita merasa lapar di malam hari, boleh-boleh saja kita makan buah sebagai pengganjal perut. Hanya saja, kita harus memastikan bahwa saat malam hari kita juga tetap makan malam. Selain itu, jika kita memang sedang menjalani program penurunan berat badan, jangan memilih buah yang kaya akan kandungan karbohidrat seperti avokad dan mangga. Buah jeruk atau apel jauh lebih direkomendasikan karena rendah karbohidrat namun kaya akan vitamin dan mineral.

“Jeruk paling bagus, tapi sebaiknya jangan lebih dari satu buah,” ucap Prof. Hardinsyah.

Alih-alih mengonsumsi buah dalam jumlah banyak di malam hari, Prof. Hardinsyah lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi sayuran atau salad demi menurunkan berat badan. Sayur juga kaya akan kandungan serat yang bisa membantu perut kenyang namun kandungan karbohidratnya rendah. Hanya saja, sayuran ini sebaiknya juga tidak digoreng atau dijadikan keripik karena membuatnya menjadi tidak sehat.