Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidak semua orang suka dengan bau buah durian yang sangat kuat. Meskipun ada yang berkata bahwa aroma dari buah ini harum dan menggoda selera, dalam realitanya ada yang bahkan mengaku mual-mual atau kurang nyaman saat menciumnya. Masyarakat Australia yang tidak terbiasa dengan aroma buah durian bahkan salah mengerti aroma buah ini dengan kebocoran gas sehingga memicu kepanikan di sebuah perpustakaan di Melbourne.

Hanya Gara-Gara Bau Durian, Ratusan Orang Dievakuasi dari Perpustakaan di Australia

Dilansir dari BBC, tak tanggung-tanggung, sekitar 500 orang dievakuasi dari perpustakaan yang ada di kampus Royal Melbourne Institute of Technology pada Sabtu, 28 April 2018 pukul 15.00 karena ada laporan tentang aroma yang mirip dengan kebocoran gas. Banyaknya orang yang dievakuasi bahkan sampai memicu kemacetan lalu lintas parah di depan perpustakaan.

Sekitar 40 petugas diterjunkan untuk mencari bagian gedung mana yang mengalami kebocoran gas. Mereka juga dilengkapi dengan peralatan pernapasan khusus demi mencegah menghirup gas beracun. Namun, setelah menemukan sumber dari aroma menyengat tersebut, mereka terperangah karena asalnya hanya berasal dari buah durian yang disimpan di dalam lemari.

Durian tersebut dibiarkan hingga membusuk dan aromanya menyebar melalui sistem pendingin udara. Begitu menyengat aroma ini sehingga dosen, staf perpustakaan, hingga para mahasiswa mengira hal ini adalah bau kebocoran gas.

Seluruh orang yang awalnya diminta untuk keluar dari perpustakaan pun diperbolehkan untuk kembali menggunakan gedung tersebut. Durian yang sudah membusuk juga sudah diserahkan ke Otoritas Perlindungan Lingkungan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Meskipun kasus ini terlihat lucu, sebenarnya aroma durian memang bisa dianggap sebagai hal yang mengganggu di negara-negara dimana masyarakatnya sudah terbiasa dengan buah ini seperti Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Beberapa tempat wisata, hotel, atau bahkan peralatan transportasi umum di ketiga negara tersebut bahkan sampai menerapkan larangan untuk membawa atau menyimpan buah ini karena aromanya yang sangat menyengat.

Kalau Sobat Sehat suka dengan aroma durian tidak?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi