Hanya Gara-Gara Batuk, Nenek Ini Mematahkan Tulang Rusuknya

doktersehat-konsultasi-paru-doter-kanker-rokok-nyeri-dada-Pneumonia-Atipik

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang masih berpikir jika batuk adalah salah satu penyakit ringan yang tidak perlu dikhawatirkan. Padahal, jika dibiarkan, batuk bisa cukup membahayakan. Hal inilah yang dialami oleh seorang nenek berusia 66 tahun yang tidak disebutkan namanya dari Massachusetts, Amerika Serikat. Ia sampai memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter karena batuknya tak kunjung sembuh dan di dada sebelah kanannya terasa sangat nyeri.

Pada awalnya, dokter mendiagnosisnya mengalami infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus, namun, 5 hari kemudian kondisinya tak kunjung membaik. Dokter pun kembali memeriksanya dan cukup terkejut saat melihat memar yang cukup parah di dada kanan sehingga memutuskan untuk melakukan CT Scan. Tak disangka, tulang iga ke-sepuluh wanita ini sudah patah hingga terpisah.

Tulang rusuk yang patah ini ternyata memicu penumpukan cairan yang cukup parah pada dada sehingga membuatnya terus batuk-batuk dan mengalami rasa nyeri yang luar biasa. Namun, dokter menduga jika patahnya tulang rusuk ini disebabkan oleh batuk-batuk yang terlalu keras. Ternyata, sang nenek mengalami batuk rejan, batuk parah yang sudah berlangsung selama 2 atau 3 bulan yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang sangat mudah menular.

Batuk ini sangat mudah menular melalui kontak langsung atau bahkan melalui udara. Tak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak juga beresiko terkena batuk ini. Pada awalnya, batuk ini gejalanya hanya seperti pilek dan rasa sakit pada tenggorokan. Namun, lama-lama batuk akan semakin keras, khususnya di malam hari.

Sang wanita pun kemudian harus menjalani operasi demi menyambungkan kembali tulang rusuknya. Ia juga mendapatkan terapi pengobatan untuk menyembuhkan batuknya. Melihat adanya fakta ini, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi kesehatan jika batuk tak kunjung sembuh agar tidak sampai mengalami batuk rejan yang sangat berat.