Hanya Diminum, Mengapa Alkohol Bisa Sampai Membuat Mabuk dan Hilang Kesadaran?

alkoholisme-kecanduan-alkohol
Photo Credit: SteadyHealth

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika minuman beralkohol bisa membuat mabuk dan bahkan memicu hilangnya kesadaran. Namun, sebenarnya bagaimana sih cara kerja alkohol dalam membuat efek mabuk bagi manusia?

Alkohol memiliki beberapa kandungan yang cukup kuat. Salah satunya adalah kandungan ethanol yang terdiri dari dua atom karbon dan satu atom oksigen. Ethanol sangat mudah larut di dalam air sehingga jika kita mengkonsumsi minuman beralkohol, kandungan ini bisa bergerak dengan leluasa ke seluruh tubuh. Saat memasuki saluran pencernaan, ethanol akan segera memasuki alirah darah dan menyatu ke membrane sel, menembus berbagai jaringan, otot, kulit, dan juga otak. Saat di otak inilah ethanol akan mempengaruhi bagian nucleus accumbens yang berperan besar pada memori otak. Pengaruh ethanol akan merangsang pelepasan hormon dopamin dalam jumlah yang banyak dan membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Efek lain yang dipicu oleh konsumsi alkohol adalah membuat seseorang lebih percaya diri dan lebih cerewet. Hanya saja, alkohol juga akan bekerja dengan menekan saraf dan otak yang bisa membuat kita hilang kesadaran atau muntah-muntah. yang menjadi masalah adalah, jika konsumsi alkohol dilakukan terlalu sering atau berlebihan, fungsi otak bisa terganggu sehingga kita akan mengalami gangguan pernafasan yang bisa memicu kematian.

National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism menyebutkan bahwa menenggak beberapa gelas alkohol saja sudah bisa menyebabkan gangguan memori otak. Karena alasan inilah banyak orang yang lupa pada apa saja yang mereka lakukan saat mabuk atau berada dalam pengaruh alkohol. Jika hal ini diteruskan, maka semakin banyak kerusakan yang terjadi pada otak.

Tak hanya bagi otak, konsumsi alkohol berlebihan juga bisa memicu masalah kesehatan pada organ hati dan saraf kita. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menghindari konsumsi minuman yang erat dengan dunia gelap ini.