Terbit: 19 Mei 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Handstand adalah gerakan berdiri terbalik yang mengandalkan kedua tangan untuk menahan beban tubuh. Simak penjelasan lengkap mengenai manfaat dan cara melakukan handstand yang benar berikut ini.

6 Manfaat Handstand bagi Tubuh dan Cara Melakukannya

Manfaat Handstand bagi Tubuh

Secara harfiah handstand adalah berdiri di atas tangan. Gerakan ini sendiri termasuk latihan isometrik mendalam yang membantu dalam konsolidasi kekuatan otot inti dan membantu sirkulasi darah berjalan baik.

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dari gerakan handstand, di antaranya:

1. Mengurangi Stres Sekaligus Meningkatkan Kebahagiaan

Peningkatan aliran darah di kepala saat melakukan gerakan ini menyebabkan penurunan produksi kortisol, hormon yang menyebabkan stres. Namun, hal itu bukan satu-satunya alasan gerakan ini dapat membantu mengurangi stres.

Fakta lainnya adalah bahwa olahraga baik untuk kesehatan mental secara umum, terutama kebahagiaan. Olahraga, bahkan sesuatu yang sederhana seperti handstand adalah gerakan yang menyebabkan otak melepaskan hormon tertentu, salah satunya adalah endorfin.

Endorfin adalah senyawa yang diproduksi alami oleh otak saat bahagia. Semakin banyak Anda berolahraga, semakin banyak endorfin yang diproduksi. Peningkatan jumlah endorfin di otak akan membuat Anda lebih bahagia, mengurangi stres, dan juga mengurangi efek kecemasan.

2. Memperkuat Tubuh Bagian Atas

Gerakan ini tidak hanya memaksa Anda untuk melibatkan otot inti, tetapi juga memaksa untuk menggunakan tubuh bagian atas untuk tetap tegak, terutama lengan dan bahu. Saat melakukan handstand berat badan bertumpu pada tangan, di mana hal tersebut dapat melatih lengan dan bahu lebih kuat.

Tidak hanya memperkuat tangan, lengan, dan bahu, latihan ini juga memperkuat semua otot lain di tubuh bagian atas. Melakukannya secara teratur akan membantu meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas. Agar lengan dan bahu menjadi lebih kuat, Anda bisa mencoba untuk melakukan handstand push-ups.

3. Merangsang Sistem Endokrin

Sistem endokrin adalah kumpulan kelenjar yang melepaskan hormon ke dalam tubuh. Hormon-hormon ini melakukan berbagai hal seperti mengatur pertumbuhan, perkembangan, metabolisme, suasana hati, tidur, fungsi seksual, stres, reproduksi, dan juga fungsi jaringan. Sistem ini terdiri dari kelenjar pituitari, kelenjar adrenal, kelenjar tiroid, dan beberapa hal lainnya.

Handstand membuat jantung lebih tinggi dari kepala, di mana hal ini menjadi penting bagi sistem endokrin karena memaksa peningkatan jumlah darah untuk mengalir ke kepala. Salah satu manfaat terbesarnya adalah peningkatan aliran darah merangsang kelenjar tiroid.

Ini adalah kelenjar yang membantu mengatur metabolisme dan peningkatan jumlah darah yang mengalir ke sana menyebabkan peningkatan produksi  triiodotironin  (T3) dan tiroksin (T4), dua hormon yang membantu meningkatkan metabolisme. Hal inilah yang membantu tubuh membakar lebih banyak kalori sehingga berat badan terjaga.

Manfaat lain dari peningkatan aliran darah ke kepala  adalah merangsang kelenjar adrenal untuk memproduksi lebih sedikit kortisol. Kortisol adalah hormon stres dan penurunan produksinya membantu mengurangi stres harian yang Anda alami.

Peningkatan aliran darah ke kepala juga membantu mengatur kelenjar pituitari menetapkan titik berat badan yang sehat. Intinya, gerakan ini membantu kelenjar tubuh menjadi lebih efektif dan efisien dalam produksi hormon yang sehat.

Baca Juga: 10 Manfaat Stretching bagi Tubuh dan Otot

4. Meningkatkan Kekuatan Genggaman

Hal berikutnya yang bermanfaat dari gerakan ini adalah meningkatkan kekuatan genggaman. Pada posisi berdiri, tumit bertindak sebagai penstabil dan membantu tubuh mencengkeram permukaan dan menjaga tubuh tetap tegak.

Namun, dikarenakan fungsi tangan tidak seperti tumit, maka saat melakukan gerakan ini keseimbangan akan sulit tercipta. Oleh karena itu, guna mencapai keseimbangan optimal saat melakukan handstand, Anda perlu menggunakan jari agar tetap tegak.

Gerakan ini memaksa Anda untuk terus menyesuaikan posisi dan itu membutuhkan ekstensor dan fleksor jari untuk bekerja agar Anda tidak terjatuh.

Proses menggunakan jari secara konstan untuk menyesuaikan posisi dapat melatih jari tangan dan lengan bawah untuk menjadi lebih kuat, yang pada akhirnya meningkatkan kekuatan genggaman. Kekuatan genggaman penting untuk mendukung berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Guna meningkatkan kesehatan tulang, Anda perlu melakukan latihan angkat beban. Melakukan handstand dianggap sebagai latihan menahan beban karena gerakan ini menahan seluruh beban dengan tangan.

Latihan menahan beban membantu meningkatkan kesehatan tulang dengan cara yang sama seperti memperkuat otot. Jenis latihan ini memaksa tulang untuk membuat lebih banyak materi tulang dan semakin banyak Anda melakukan latihan menahan beban, semakin banyak sel yang akan dibuat oleh tulang.

Melakukan gerakan ini akan memaksa tulang di tangan, lengan, dan bagian tubuh bagian atas lainnya untuk menghasilkan lebih banyak massa tulang. Itu berarti tulang di tubuh bagian atas akan menjadi lebih padat dan kuat. Tulang yang lebih kuat tidak hanya baik untuk mencegah patah tulang, tetapi juga mengurangi kemungkinan terkena osteoporosis.

6. Memperkuat Otot Inti Tubuh

Gerakan yang membuat tubuh dalam posisi terbalik ini juga memaksa Anda untuk melibatkan otot inti. Dibutuhkan semua kekuatan yang bisa Anda kumpulkan di otot perut serta di punggung untuk tetap tegak dan seimbang saat melakukan handstand.

Baca Juga: 13 Cara Membentuk Otot Lengan agar Besar & Kuat

Cara Melakukan Handstand dengan Benar

Jika Anda ingin mulai melakukan gerakan ini, berikut tips yang dapat membantu Anda melakukannya dengan aman:

Gerakan Pemula

Pemula: Menghadap ke dinding.

  • Pertama-tama, wajah harus menghadap jauh dari dinding, letakkan telapak tangan di permukaan dengan jarak yang dekat.
  • Gerakkan kaki ke atas dinding secara bertahap sampai benar-benar tegak.
  • Setelah itu, dekatkan telapak tangan ke dinding.
  • Tahan posisi Anda selama 5-10 detik selama lima set atau sebanyak yang Anda bisa lakukan.
  • Jika sulit untuk menahannya, berjalanlah ke atas dan ke bawah dinding sampai Anda cukup kuat.

Latihan Lanjutan

Saat sudah merasa percaya diri: Wajah membelakangi dinding.

  • Letakkan telapak tangan di lantai yang menghadap ke dinding, pastikan sedikit diberi jarak.
  • Kemudian naikkan kedua kaki.
  • Coba tahan gerakan selama 60 detik.

Gerakan Ahli

Handstand tanpa bantuan dinding.

  • Cobalah melakukannya dengan kontrol dan keseimbangan di ruang kosong.
  • Guna mencegah cedera, cobalah untuk melakukannya di matras.

Agar manfaat handstand dirasakan tubuh sepenuhnya, Anda harus rutin melakukan gerakan ini.

 

  1. Anonim. Top 8 Handstand Benefits – Why You Should Do Them Daily. https://www.pullup-dip.com/handstand-benefits. (Diakses pada 19 Mei 2021).
  2. David. 9 Benefits of Handstands That Will Make You Want To Stand Upside Down. https://www.fitandme.com/benefits-of-handstands/. (Diakses pada 19 Mei 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi