Hamil Tua Tapi Belum Kontraksi, Apa yang Harus Dilakukan?

Doktersehat-hamil-tua-belum-kontraksi
Photo Credit: Flickr.com/Svetlana Mosienko

DokterSehat.Com– Kehamilan Anda sudah memasuki usia 38 minggu. Koper persalinan dan semua perawatan bayi juga sudah siap. Namun belum ada tanda-tanda kontraksi yang Anda rasakan. Apa yang harus Anda lakukan?

Normalkah jika hamil tua tapi belum merasakan kontraksi?

Salah satu tanda Anda akan melahirkan adalah munculnya kontraksi. Bagi Anda yang telah memasuki masa 38 minggu kehamilan namun belum merasakan kontraksi, sebenarnya tidak perlu khawatir. Persalinan dianggap aman jika dilakukan pada usia kehamilan 37-41 minggu. Jika belum merasakan kontraksi pada usia 38 minggu maka kemungkinan Anda akan diminta menunggu hingga masuk 41 minggu sampai muncul tanda kontraksi alami.

Selama menunggu tanda kontraksi alami, Anda bisa mempersiapkan diri menjelang persalinan baik secara fisik maupun mental. Beristirahatlah yang cukup sambil bersantai bersama keluarga. Buat diri Anda serileks mungkin dan hindari stres berlebihan karena menunggu tanda persalinan.

Kenali tanda-tanda persalinan

Meskipun Anda dianjurkan untuk bersantai, tetapi Anda tetap perlu memantau kondisi kesehatan janin. Lakukan pemeriksaan rutin untuk memantau kondisi plasenta, ketuban dan posisi janin agar mencegah kondisi darurat pada janin.

Apabila plasenta sudah mengalami pengapuran dan cairan ketuban sudah keruh atau menipis, maka Anda harus menyegerakan persalinan. Apabila belum muncul tanda kontrakasi, dokter akan menyarankan untuk persalinan dengan induksi.

Jika Anda mulai merasakan kontraksi, Anda perlu mengenali perbedaan antara kontraksi asli dan kontraksi palsu. Kontraksi asli akan berlangsung terus menerus dan tidak berhenti, semakn menguat dan akan terasa nyeri yang menjalar pada bagian punggung lalu ke arah perut.

Selain kontraksi, tanda persalinan semakin dekat adalah munculnya lendir darah dan pecahnya ketuban. Jika tanda tersebut sudah muncul, maka Anda sebaiknya segera bergegas ke rumah sakit untuk melakukan persalinan.