Terbit: 12 September 2018 | Diperbarui: 31 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Diva pop Indonesia, Raisa Andriana sedang hamil muda. Sebagaimana ibu-ibu yang sedang hamil muda lainnya, ia juga mengaku mengalami ngidam. Hanya saja, jika kebanyakan ibu hamil ngidam mengonsumsi makanan atau jajanan tertentu, ngidamnya Raisa justru ingin melakukan olahraga, tepatnya bermain badminton.

Hamil Muda, Raisa Ngidam Ini

“Jarang-jarang ngidam. Sekalinya ngidam ingin main badminton,” tulis Raisa di fitur Instagram Stories miliknya, @raisa6690.

Menurut Raisa, keinginan ngidamnya ini disebabkan oleh rasa senangnya saat melihat atlet bulu tangkis tampil heroik saat Asian Games 2018 yang baru saja usai beberapa saat lalu. Beruntung, olahraga badminton cenderung mudah untuk dilakukan dimana saja. Hamish, suami Raisa, pun bisa dengan mudah mengabulkan ngidam istrinya ini.

Hanya saja, karena masih hamil muda, ada baiknya Raisa berhati-hati dengan aktivitas fisiknya dan tidak sampai kelelahan atau melakukan gerakan ekstrem demi melindungi kandungannya.

Menurut pakar kesehatan, ngidam saat hamil adalah hal yang wajar terjadi. Biasanya, hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon sehingga membuat ibu hamil ingin mengonsumsi makanan tertentu.

Sebagai informasi, saat hamil, kadar hormon progesterone pada tubuh ibu meningkat dengan signifikan sehingga mempengaruhi produksi asam lambung. Hal inilah yang membuat banyak ibu hamil yang cenderung ingin mengonsumsi makanan dengan rasa asam.

Selain faktor hormon, faktor psikologis yang membuat ibu hamil ingin lebih diperhatikan oleh keluarga atau pasangannya juga bisa menjadi penyebab ngidam. Satu hal yang pasti, asalkan keinginan ngidam ini tidak terlalu ekstrem, kondisi ini tidaklah berbahaya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi