Terbit: 9 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Model cantik Chrissy Teigen memiliki pengalaman yang cukup unik saat mengandung anak keduanya. Tak hanya perut, hidung istri penyanyi John Legend ini ternyata juga ikut-ikutan membesar. Apa penyebab dari hal ini?

Hamil, Hidung Chrissy Teigen Ikut Membesar

Melalui akun Twitter pribadinya @chrissyteigen, Ia mengaku kebingungan dengan kondisi hidungnya yang terlihat jauh berbeda jika dibandingkan dengan saat belum hamil. Chrissy bahkan berpikir jika hidungnya memiliki indeks massa tubuh (BMI) sendiri. Menariknya, banyak warganet yang membalas cuitan Chrissy dan mengaku mengalami hal yang sama.

Meskipun tidak memiliki sebutan tersendiri dalam dunia medis, kondisi hidung yang membesar saat hamil dikenal luas sebagai pregnancy nose. Efek perubahan ini sebenarnya wajar terjadi sebagaimana efek-efek lainnya seperti pembengkakan pada kaki, pertumbuhan rambut yang tidak biasa, suara ibu yang semakin memberat atau menghitamnya beberapa bagian kulit tubuh.

Pakar kesehatan Angela Wilson-Liverman yang berasal dari Vanderbilt University Medical Center menyebutkan bahwa saat hamil, terjadi perubahan hormon pada tubuh ibu, khususnya dalam hal peningkatan kadar hormon estrogen. Tujuan dari peningkatan hormon ini adalah demi meningkatkan aliran darah. Peningkatan aliran darah ini juga terjadi pada bagian membran mukus.

Peningkatan aliran darah juga bisa menyebabkan pembengkakan. Alasan inilah yang membuat bagian hidung seperti membesar atau bahkan cenderung terasa lebih sembab dari sebelumnya.

Beruntung, menurut Angela kondisi ini hanya akan berlangsung saat hamil. Setelah melahirkan, kondisi hidung akan kembali normal sehingga rupa sang ibu pun akan kembali seperti semula.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi