Terbit: 2 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com–  Sebuah proses kehamilan dan persalinan yang sangat langka di dunia terjadi di Camborne, Cornwall, Inggris. Seorang ibu bernama Jennifer Ashwood memiliki dua rahim di dalam tubuhnya. Secara luar biasa, ia hamil anak kembar di masing-masing rahim tersebut. Menurut dokter, kemungkinan terjadinya hal ini hanyalah 1 dari 500 juta kelahiran di seluruh dunia.

hamil_rahim_ganda_doktersehat_1

Dilansir dari Daily Mail, Jennifer memiliki kondisi bernama bicornuate uterus yang membuatnya hamil di dua rahim yang ada di dalam tubuhnya. Dari sekitar hanya 100 sampel orang dengan rahim ganda di seluruh dunia, baru Jennifer yang mengalami hal ini karena biasanya wanita dengan kondisi ini hanya hamil di salah satu rahimnya saja.

Jennifer sudah memiliki satu anak sebelumnya, yakni Millie yang berusia 8 tahun. Hanya saja, saat kelahiran pertamanya, ia tidak mengatahui kondisi rahim di dalam tubuhnya yang ternyata ada dua. Saat hamil untuk kedua kalinya, dokter menemukan ada yang berbeda pada kehamilan Jennifer. Tak hanya hamil anak kembar, kedua jabang bayi ini berada di rahim yang berbeda.

Kondisi memiliki rahim ganda ini untungnya tidak memberikan dampak kesehatan apapun bagi Jennifer ataupun kandungannya. Ia pun kemudian melahirkan bayi bernama Piran dan Poppy melalui operasi caesar dengan sehat dan selamat.

Setelah dilahirkan, Piran dan Poppy sempat mengalami jaundice. Mereka berdua pun kemudian dirawat hingga dua pekan sebelum diperbolehkan untuk pulang.

“Memiliki dua rahim saja itu sudah sangat langka, tapi aku bahkan memiliki telur di setiap rahim yang semuanya berkembang menjadi bayi di setiap rahim. Dokter berkali-kali menyebut kehamilanku sebagai keajaiban. Ia sendiri seperti tak percaya menjadi saksi dari kehamilan yang sangat langka ini,” ucap Jennifer


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi