Terbit: 4 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ibu hamil perlu menjaga makanan yang dikonsuumsi selama kehamilan. Selain mencukupi kebutuhan ibu hamil dengan makanan bergizi tinggi, ibu hamil juga perlu menghindari beberapa makanan yang dapat berbahaya bagi janin. Salah satunya adalah makanan mentah. Apa bahaya makanan mentah bagi ibu hamil?

Makanan Mentah yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Bahaya makanan mentah bagi ibu hamil

Ibu hamil tidak disarankan makan makanan mentah karena berisiko mengandung bakteri salmonela dan parasit toksoplasmosis yang berakibat buruk bagi ibu dan bayi dalam kandungan. Bakteri salmonela dapat memicu tifus dan keracunan makanan yang dapat memicu keguguran.

Sedangkan infeksi toksoplasmosis dapat mengancam pertumbuhan janian seperti cacat bawaan lahir, kerusakan pada otak atau mata sehingga menyebabkan keguguran. Bahaya lain yang disebabkan dari mengonsumsi makan makanan mentah adalah listeriosis yang juga berbahaya bagi perkembangan janin. Untuk itu ibu hamil disarankan makan makanan yang matang.

Makanan mentah yang perlu dihindari saat hamil

Hampir semua makanan mentah sebaiknya dihindari saat hamil. Namun beberapa bahan makanan berikut ini termasuk makanan yang masih sering dikonsumsi oleh ibu hamil. Makanan etersebut antara lain:

1. Daging

Nah, siapa di antara Anda yang lebih suka steak dalam keadaan tidak matang? Ternyata daging yang kurang matang apalagi mentah dapat berisiko membawa bakteri listeria, salmonela dan listeria bagi ibu hamil. Bagi ibu hamil yang ingin makan steak, disarankan untuk makan steak dalam keadaan matang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Telur

Pernahkah Anda mendengar mitos bahwa makan telur mentah atau telur setengah matang dapat melancarkan persalinan? Faktanya, telur mentah atau telur setengah matang berisiko membawa bakteri salmonela yang berbahaya bagi kehamilan.

3. Seafood

Beberapa makanan laut seperti udang, kepiting, tiram, dan kerang kadang lebih nikmat jika disantap mentah atau setengah matang. Namun hal ini cukup berisiko bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan keracunan makanan bagi ibu haml.

4. Sayuran

Sayuran hijau sebenarnya sangat direkomendasikan bagi ibu hamil karena kaya akan kandungan kalsium. Namun sebaiknya hindari makan sayuran mentah karena dapat menjadi sumber infeksi parasit toksoplasmosis. Pastikan sayuran sudah dicuci bersih sebelum dikonsumsi dan buang bagian sayur yang terlihat rusak, membusuk atau berubah warna.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi