Terbit: 12 Juni 2020 | Diperbarui: 16 Juni 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Pada masa hamil 7 minggu, ada banyak bagian tubuh janin yang mulai tumbuh. Otak dan sel-sel saraf mulai tumbuh, begitu juga dengan telinga bagian dalam hingga tunas tungkai. Simak selengkapnya tentang perkembangan janin pada usia kehamilan 7 minggu berikut ini!

Hamil 7 Minggu, Otak Bayi Mulai Terbentuk

Perkembangan Janin saat Hamil 7 Minggu

Bagaimana perkembangan janin 7 minggu? Pada masa usia kehamilan 7 minggu, pada dasarnya usia janin kurang lebih baru menginjak minggu ke-5. Hal ini disebabkan karena usia kehamilan (gestational age) dihitung sejak hari pertama haid terakhir (HPHT), sedangkan usia janin (fertilisation age) dimulai sejak terjadinya pembuahan yang kurang lebih terjadi 2 minggu setelah HPHT.

Usia kehamilan merupakan patokan waktu yang digunakan pada dunia kedokteran dan kebidanan untuk menandai suatu proses kehamilan. Patokan waktu ini dimulai dari hari pertama menstruasi yang dialami oleh ibu dan berakhir pada hari perkiraan lahir yang terjadi pada minggu ke-42.

Pada usia kehamilan 7 minggu ini, berikut adalah beberapa perkembangan yang terjadi pada janin:

  • Tali pusat mulai terbentuk. Tali pusat atau disebut juga tali pusar adalah bagian yang sangat penting yang menghubungkan bayi dengan plasenta. Tali ini akan membawa darah dengan oksigen serta nutrisi ke bayi, serta membuang limbah yang tidak dibutuhkan.
  • Berdasarkan pengukuran crown-rump length (CRL) yang merupakan ukuran panjang janin dari kepala hingga bokong, ukuran janin kini kurang lebih 10 mm. Pada usia kehamilan 7 minggu ini, ukuran janin digambarkan kurang lebih seukuran buah blueberry.
  • Otak mulai tubuh dengan cepat sehingga bagian kepala tumbuh lebih cepat dibanding bagian tubuh lainnya.
  • Sumsum tulang belakang (sistem saraf) juga mulai terbentuk seiring dengan sel-sel saraf yang terus berkembang biak.
  • Perkembangan mulut, lubang hidung, telinga, dan mata yang sudah dimulai minggu lalu, kini semakin terlihat lebih jelas.
  • Telinga bagian dalam mulai tubuh, meskipun daun telinga baru akan terbentuk di sisi kepala beberapa minggu kedepan.
  • Tunas lengan yang telah tubuh menjadi lebih panjang, yang nantinya akan membentuk tangan. Selain itu tunas tungkai yang akan membentuk tulang kaki dan lengan juga mulai membentuk tulang rawan.
  • Minggu sebelumnya sistem kemih memulai tahap awalnya dan minggu ini ginjal mulai berkembang. Selama dalam kandungan terdapat paling tidak 3 tahapan perkembangan ginjal dan pada usia kehamilan 7 minggu ini sudah memasuki tahap kedua.

Apakah janin 7 minggu sudah bergerak? Ya, janin sudah mulai melakukan pergerakan pada usia kehamilan 7 minggu ini. Namun dikarenakan ukurannya yang masih sangat kecil, pergerakan ini biasanya belum dapat ibu rasakan.

Perubahan pada Tubuh

Ukuran kehamilan 7 minggu jika dilihat dari perubahan perut umumnya memang belum terlalu terlihat. Hal ini disebabkan karena ukuran janin masih relatif kecil yaitu seukuran buah blueberry seperti yang disebutkan sebelumnya. Meskipun begitu, Anda tetap akan mengalami berbagai perubahan dan gejala pada tubuh.

Berikut adalah beberapa gejala atau ciri-ciri hamil 7 minggu:

1. Payudara Membengkak

Meskipun bagian perut belum terlihat, tapi pada usia kehamilan 7 minggu biasanya payudara sudah mengalami perubahan.

Kondisi ini pada dasarnya juga sudah terjadi dari minggu sebelumnya. Pembengkakan pada payudara ini disebabkan oleh hormon estrogen dan progesteron yang meningkat dalam tubuh.

Terjadi penumpukan lemak di payudara dan aliran darah ke payudara juga meningkat. Anda akan mendapati perubahan pada puting yang akan lebih menonjol dan menjadi lebih sensitif, sehingga akan terasa sakit ketika disentuh.

Perubahan pada payudara ini sangat penting karena payudara sedang mempersiapkan diri untuk dapat menghasilkan ASI setelah bayi Anda lahir.

2. Perubahan pada Serviks

Produksi lendir serviks meningkat karena peningkatan hormon dan aliran darah selama kehamilan. Perubahan ini dapat menyebabkan keputihan dengan bentuk cairan tipis, berwarna putih susu, dan tidak berbau.

Lendir ini berkumpul dan akan menutup lubang serviks. Fungsinya adalah untuk mencegah bakteri agar tidak masuk ke dalam rahim sehingga janin terlindungi.

3. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Hormon hCG meningkatkan aliran darah ke daerah panggul yang memengaruhi aliran lainnya, termasuk saluran kemih. Meningkatnya frekuensi buang air kecil ini mungkin membuat kurang nyaman, tapi Anda tidak boleh mengurangi asupan cairan tubuh. Sebaliknya, asupan cairan justru harus dijaga dengan baik untuk kebutuhan ibu dan bayi.

4. Perubahan Makan

Anda mungkin akan mengalami perubahan selera makan selama awal kehamilan ini. Kondisi ini dapat lebih buruk apabila Anda juga mengalami morning sickness.

Jika Anda mengalami ‘ngidam’, maka tidak ada salahnya sesekali untuk memenuhinya, asalkan bukan makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Hal yang terpenting untuk dilakukan adalah tetap penuhi nutrisi harian dengan makanan bergizi seimbang yang cukup.

5. Kelelahan

Akibat dari adanya perubahan besar yang terjadi dalam tubuh Anda, maka sangat wajah jika Anda merasa kelelahan. Salah satu cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan makan camilan sehat lebih sering untuk membangkitkan energi.

6. Gangguan Pencernaan

Masalah pencernaan yang menyebabkan heartburn dapat terjadi pada usia kehamilan 7 minggu ini. Sebaiknya hindari makanan yang dapat memicu heartburn seperti makanan berlemak dan minuman berkafein.

7. Air Liur Berlebihan

Produksi air liur yang berlebihan juga masih berlanjut di minggu. Anda harus menahannya paling tidak hingga trimester 1 berakhir. Jika kondisi ini mengganggu, cobalah untuk mengunyah permen karet yang tidak mengandung gula.

Pemeriksaan Kehamilan

Konsultasi prenatal pertama umumnya terjadi antara minggu 6-8. Jika Anda belum melakukan pemeriksaan di minggu sebelumnya, ini dapat menjadi saat yang tepat untuk melakukan kunjungan prenatal prenatal pertama Anda.

Kunjungan ini dapat Anda lakukan setelah melakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack di rumah. Berikut adalah pemeriksaan yang terjadi selama kunjungan prenatal pertama:

1. Pemeriksaan Umum

Anda akan menjalani check-up termasuk pemeriksaan kesehatan umum seperti jantung, paru-paru, payudara, dan perut. Dokter juga akan mengukur tekanan darah, tinggi dan berat badan, memeriksa panggul, memeriksa ukuran rahim, hingga memeriksa ukuran dan bentuk panggul.

2. Konfirmasi Kehamilan

Meskipun test pack akurat, tapi dokter tetap akan melakukan pemeriksaan untuk mengonfirmasi kehamilan Anda. Tes urine atau tes darah dapat dilakukan untuk mengukur kadar hCG.

3. Tes Lainnya

Beberapa tes juga dapat dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda, seperti:

  • Tes urine
  • Tes darah
  • Penyaringan pembawa genetik
  • Tes infeksi menular seksual
  • Tes gula darah

Tips Kehamilan

Apa saja tips yang dapat diterapkan saat hamil 7 minggu? Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Ketahui berapa peningkatan berat badan yang wajar. Pada trimester pertama, ukuran bayi masih kecil dan kenaikan yang wajar adalah antara 1-2 kg.
  • Kram perut adalah hal yang wajar pada usia kehamilan ini. Hubungi dokter apabila kram disertai nyeri bahu atau leher, kontraksi, pusing, dan keputihan yang tidak normal.
  • Ketahui jenis olahraga yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Konsultasikan dengan dokter, setiap orang mungkin memiliki pantangan yang berbeda-beda.
  • Kehamilan dapat menyebabkan perubahan kulit yang tidak menyenangkan. Meskipun begitu, hindari penggunaan skin care sembarangan.
  • Manjakan keinginan ngidam yang sehat.
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan.

Baca Juga: Hamil 8 Minggu, Tangan & Kaki Sudah Terbentuk?

 

  1. Anonim. 7 Weeks Pregnant. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-7.aspx. (Diakses 12 Juni 2020).
  2. Anonim. You and your baby at 7 weeks pregnant. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/7-weeks-pregnant/. (Diakses 12 Juni 2020).
  3. de Bellefonds, Colleen. 2019. The First Prenatal Appointment. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/pregnancy-health/first-prenatal-appointment/#:~:text=The%20first%20prenatal%20appointment%20usually,several%20weeks%20(or%20longer). (Diakses 12 Juni 2020).
  4. Pevzner, Holly. 2020. Week 7 of Your Pregnancy. https://www.verywellfamily.com/7-weeks-pregnant-4158916. (Diakses 12 Juni 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi