Terbit: 24 Juni 2020 | Diperbarui: 29 Juni 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Hamil 34 minggu, semakin dekat dengan hari kelahiran buah hati tercinta! Di usia kehamilan 34 minggu, apa saja perkembangan yang dialami janin? Simak informasi perkembangan janin 34 minggu berikut ini!

Hamil 34 Minggu, Paru-Paru Janin Sudah Sempurna

Perkembangan Janin saat Hamil 34 Minggu

Janin 34 minggu memiliki panjang 43-46 cm dan berat 2,3 kg. Ukuran bayi ini kira-kira sudah menyamai ukuran buah nanas. Perkembangan janin saat hamil 34 minggu yang lainnya meliputi:

  • Kulit bayi semakin menebal. Kulit bayi yang sebelumnya masih tipis kini semakin menebal. Hal ini dikarenakan lapisan lemak di bawah kulit hampir terisi penuh.
  • Siklus tidur. Siklus tidur janin 34 minggu semakin teratur. Selain itu, janin sudah bisa menutup mata saat tidur, dan membuka mata saat terbangun
  • Lanugo tersisa sedikit. Proses pengelupasan lanugo—rambut halus yang selama ini melindungi kulit bayi dari cairan ketuban—masih terus terjadi di kehamilan 32 minggu ini dan kuantitasnya semakin sedikit
  • Organ paru-paru. Organ pernapasan yakni paru-paru sudah terbentuk dengan sempurna.
  • Testis turun ke skrotum. Pada bayi laki-laki, minggu ke-34 ini merupakan waktu di mana testis sudah seutuhnya berada di skrotum.
  • Kuku jari. Kuku jari tangan dan kaki idealnya sudah terbentuk secara sempurna saat Anda hamil 34 minggu.

Perubahan Tubuh saat Hamil 34 Minggu

Perubahan dan gejala apa saja yang terjadi di usia kehamilan Anda yang ke-34 minggu? Apakah masih sama seperti minggu sebelumnya?

1. Tubuh Lelah

Rasa lelah umumnya masih tetap akan ‘mengganggu’ Anda saat hamil 34 minggu. Kendati demikian, intensitas lelah tersebut cenderung lebih kecil ketimbang minggu-minggu sebelumnya, terutama di trimester pertama.

2. Sembelit

Susah buang air besar (BAB) atau sembelit pun juga kemungkinan masih akan Anda alami di kehamilan 34 minggu. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, gejala yang satu ini dapat diatasi dengan cara mengonsumsi makanan kaya serat (buah dan sayuran), serta banyak minum air putih.

3. Kepala Pusing

Kepala pusing yang Anda rasakan di minggu ke-34 kehamilan ini umumnya dikarenakan aliran darah yang tidak lancar. Selain itu, pusing juga kemungkinan akan Anda alami apabila duduk terlalu lama kemudian berdiri secara cepat. Ini bisa terjadi karena saat Anda duduk lama kemudian langsung berdiri, tekanan darah akan mengalami penurunan.

4. Kulit Gatal

Pembesaran pada perut menyebabkan kulit di sekitarnya mengalami perenggangan. Merenggangnya kulit perut inilah yang kemudian menimbulkan sensasi gatal.

Anda tidak perlu khawatir karena ini merupakan suatu kewajaran. Kulit yang terasa gatal bisa diatasi dengan cara mengoleskan krim kulit anti-gatal. Tanyakan pada dokter Anda krim kulit apa yang aman untuk digunakan.

5. Rambut Tumbuh Cepat

Pertumbuhan rambut di kehamilan 34 minggu juga jadi lebih cepat. Bahkan, pertumbuhan rambut ini tidak hanya terjadi di kepala, melainkan area-area tubuh lainnya seperti pipi, dagu, dan punggung.

Apabila Anda merasa tidak nyaman dengan kehadiran rambut di area-area tubuh tertentu, Anda bisa melakukan waxing. Dengan catatan, gunakan krim waxing yang diformulasikan untuk kulit sensitif mengingat sensitivitas kulit meningkat selama hamil.

Selain perubahan tubuh dan gejala di atas, masih ada sejumlah gejala lainnya yang menyertai kehamilan 32 minggu, yaitu:

  • Sulit bernapas
  • Sering buang air kecil
  • Keluar cairan kolostrum dari payudara
  • Nyeri ulu hati (heartburn)

Pemeriksaan Kehamilan

Pemeriksaan kehamilan pada minggu ke-32 adalah sebagai berikut:

1. Pemeriksaan Kehamilan Umum

Pemeriksaan janin minggu ini dilakukan dengan medium ultrasonografi (USG). Pemeriksaan USG bertujuan untuk melihat bagaimana kondisi janin, apakah perkembangannya berjalan dengan baik atau justru ada abnormalitas yang terjadi.

2. Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik bertujuan untuk memastikan bahwa ibu hamil dalam keadaan sehat sehingga kehamilan dapat berjalan baik. Pemeriksaan fisik di antaranya meliputi:

  • Pengukuran tekanan darah
  • Pengukuran tinggi dan berat badan
  • Pengukuran panggul
  • Pemeriksaan vagina
  • Pemeriksaan urine
  • Pemeriksaan rahim
  • Pemeriksaan kadar gula darah
  • Skrining bakteri streptococcus B

Tips Kehamilan

Apa saja tips kehamilan 32 minggu yang harus diterapkan?

1. Lindungi Mata

Minggu-minggu akhir menjelang persalinan adalah waktu di mana mata Anda mungkin akan lebih kering dan sensitif. Guna menghindari gangguan penglihatan, Anda bisa menggunakan kacamata saat beraktivitas, terutama di luar ruangan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan obat tetes mata untuk menjaga agar mata terhidrasi dengan baik.

2. Manajemen Stres

Stres—bahkan depresi—kerap dialami oleh ibu hamil di minggu-minggu menjelang kelahiran buah hatinya. Anda tentu memerlukan manajemen stres yang baik guna mencegah agar stres tidak berlarut-larut.

Dukungan dari pasangan dan keluarga tentu menjadi hal yang Anda butuhkan guna mengendalikan stres. Selain itu, konsultasi psikis ke dokter juga diperlukan agar pengendalian stres berjalan dengan optimal.

3. Banyak Istirahat

Tidak lama lagi Anda akan ‘berjuang’ untuk melahirkan buah hati tercinta. Tentunya dibutuhkan tenaga ekstra saat persalinan nanti. Oleh sebab itu, sudah saatnya di usia kehamilan 34 minggu ini Anda mulai mengurangi aktivitas dan lebih memperbanyak istirahat.

Akan tetapi, aktivitas olahraga ringan seperti jogging dan yoga tentu masih boleh dilakukan, malah sangat dianjurkan. Hal ini guna menjaga agar tubuh Anda tetap fit dan tentunya terhindar dari stres.

Baca Juga: Hamil 35 Minggu: Perkembangan Janin & Tips Kehamilan

 

  1. Anonim. 34 Weeks Pregnant.  https://www.babycenter.com/34-weeks-pregnant (Diakses pada 24 Juni 2020)
  2. Anonim. 34 Weeks Pregnant.   https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-34.aspx (Diakses pada 24 Juni 2020)
  3. Marple, K. How big is my baby? Week-by-week fruit and veggie comparisons. https://www.babycenter.com/slideshow-baby-size (Diakses pada 24 Juni 2020)
  4. Pevzner, H. 2020. Week 34 of Your Pregnancy.   https://www.verywellfamily.com/34-weeks-pregnant-4159227 (Diakses pada 24 Juni 2020)
  5. Roland,J. 2017. 34 Weeks Pregnant: Symptoms, Tips, and More.  https://www.healthline.com/health/pregnancy/34-weeks-pregnant#tips-for-healthy-pregnancy (Diakses pada 24 Juni 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi