Terbit: 23 Juni 2020 | Diperbarui: 29 Juni 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Bagaimana perkembangan janin saat hamil 31 minggu, apakah berjalan dengan baik atau tidak? Guna mengetahuinya, simak informasi seputar kehamilan 31 minggu berikut ini!

Hamil 31 Minggu: Perkembangan Janin, Gejala, & Tips Kehamilan

Perkembangan Janin saat Hamil 31 Minggu

Janin saat hamil 31 minggu masih terus mengalami perkembangan. Pada usia kehamilan 31 minggu ini, ukuran janin sama dengan 1 buah kelapa. Panjang janin mencapai 41 cm, sementara berat janin 31 minggu sekitar 1,5 kg.

Perkembangan juga diperlihatkan oleh organ otak. Ya, di minggu ini, sistem saraf otak sedang mengalami fase perkembangan yang lebih pesat ketimbang minggu-minggu sebelumnya. Akan tetapi, di minggu ini janin akan lebih sering tertidur.

Kulit janin pun semakin padat seiring lemak yang terus terbentuk. Sementara itu, organ paru-paru juga terus mengalami penyempurnaan bentuk dan fungsi.

Lanugo, rambut halus yang selama ini berfungsi melindungi kulit bayi dari cairan ketuban, mulai rontok secara perlahan.

Perubahan Tubuh saat Hamil 31 Minggu

Selain perut yang semakin membesar, gejala atau perubahan tubuh lainnya yang akan Anda alami saat hamil 31 minggu adalah sebagai berikut:

1. Napas Lebih Pendek

Ibu yang sedang hamil 31 minggu mungkin akan merasakan jika napasnya lebih pendek dari biasanya. Hal ini wajar, mengingat pembesaran rahim berdampak pada tertekannya sejumlah organ dalam tubuh termasuk organ pernapasan yakni paru-paru, pun dengan diafragma.

Kondisi ini umumnya akan berlangsung hingga menjelang hari persalinan saat posisi bayi sudah berada di pelvis. Untuk sementara waktu, guna meminimalisir ketidaknyamanan yang ditimbulkan, posisikan tubuh Anda dalam keadaan tegak, dan saat tidur, ambil posisi menyamping ke sisi kiri tubuh guna memberikan ruang bagi paru-paru.

2. Nyeri Punggung

Gejala nyeri punggung juga kemungkinan masih terjadi di usia kehamilan 31 minggu ini. Guna mengatasi gejala hamil 31 minggu yang satu ini, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan yoga.

3. Gangguan Tidur

Selain nyeri punggung, sulit tidur (insomnia) juga pada beberapa ibu hamil masih terjadi di minggu ke-31 ini. Ada beberapa faktor yang membuat Anda mengalami insomnia saat hamil 31 minggu yaitu:

  • Rasa tidak nyaman pada tubuh akibat gejala lainnya seperti nyeri punggung, sulit bernapas, dan sebagainya
  • Gangguan kecemasan
  • Pengaruh hormon kehamilan

4. Kontraksi ‘Palsu’

Kontraksi Brixton-Hicks atau kontraksi ‘palsu’ menjadi gejala hamil 31 minggu lainnya yang mungkin akan Anda alami. Kondisi ini terjadi secara tiba-tiba. Kontraksi ‘palsu’ biasanya berlangsung tidak lebih dari 30 detik.

Tidak ada yang perlu Anda khawatirkan dari kemunculan kontraksi Brixton Hicks ini. Akan tetapi, segera periksakan diri ke dokter apabila kontraksi tak kunjung mereda setelah beberapa lama atau disertai keluarnya lendir darah atau air ketuban.

5. Keluar Cairan Kolostrum

Kolostrum adalah cairan berwarna bening kekuningan yang keluar dari payudara saat hamil. Kolostrum ini merupakan cikal bakal dari air susu ibu (ASI). Saat usia kehamilan mencapai 31 minggu, cairan ini akan semakin sering keluar.

6. Wasir

Wasir (hemoroid) mungkin masih akan Anda alami saat hamil 31 minggu. Guna mengatasi gejala yang satu ini, Anda bisa meminta resep krim atau obat-obatan lainnya dari dokter. Selain itu, usahakan untuk tidak duduk terlalu lama karena hal ini dapat memperparah pembengkakan yang terjadi.

Gejala lainnya yang kerap terjadi di minggu ke-31 dari kehamilan Anda adalah:

  • Sakit kepala
  • Sulit BAB (sembelit)
  • Sering buang air kecil

Pemeriksaan Kehamilan

Pemeriksaan kehamilan pada minggu ke-31 meliputi:

1. Pemeriksaan Kehamilan Umum

Pemeriksaan janin 31 minggu dilakukan dengan medium ultrasonografi (USG). Pemeriksaan USG bertujuan untuk melihat bagaimana kondisi janin, apakah perkembangannya berjalan dengan baik atau justru ada abnormalitas yang terjadi. Pemeriksaan ini juga meliputi pemeriksaan detak jantung bayi.

2. Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik dilakukan untuk memastikan bahwa ibu hamil dalam keadaan sehat sehingga kehamilan dapat berjalan baik. Pemeriksaan fisik yang dimaksud meliputi:

  • Pengukuran tekanan darah
  • Pengukuran tinggi dan berat badan
  • Pengukuran panggul
  • Pemeriksaan vagina
  • Pemeriksaan urine

Tips Kehamilan

Apa saja tips kehamilan yang sebaiknya Anda terapkan di minggu ke-31 ini?

1. Perbanyak Asupan Vitamin dan Nutrisi

Tinggal sedikit lagi bayi Anda akan lahir. Kendati sudah di tahap akhir dari kehamilan, tetap saja janin masih mengalami sejumlah proses tumbuh kembang sehingga Anda masih tetap harus menjaga asupan vitamin dan nutrisi agar perkembangannya berjalan optimal.

Selain itu, hal ini juga penting agar tubuh Anda tetap dalam keadaan yang baik sehingga siap untuk menjalani persalinan nanti. Konsultasikan pada dokter apa saja vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan saat hamil 31 minggu.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi air putih yang banyak di minggu ke-31 ini. Sebagai ibu hamil, Anda tentu saja sangat memerlukan asupan cairan yang cukup guna terhindari dari yang namanya dehidrasi. Dehidrasi pada ibu hamil tidak bisa dibiarkan karena dampaknya akan sangat buruk, baik bagi ibu hamil itu sendiri maupun janin yang tengah dikandungnya.

3. Olahraga Ringan

Melakukan olahraga ringan saat hamil 31 minggu bertujuan untuk meminimalisir gejala serpti nyeri punggung dan pelvis. Selain itu, olahraga membantu Anda untuk mengusir rasa stres yang hampir pasti terjadi, terutama di minggu-minggu akhir menjelang persalinan.

Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Jogging
  • Senam
  • Yoga
  • Sepeda statis

Baca Juga: Hamil 32 Minggu, Organ Vital Janin Sudah Sempurna

 

  1. Anonim. 31 Weeks Pregnant.  https://www.babycenter.com/31-weeks-pregnant (Diakses pada 23 Juni 2020)
  2. Anonim. 31 Weeks Pregnant.  https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-31.aspx (Diakses pada 23 Juni 2020)
  3. Marple, K. How big is my baby? Week-by-week fruit and veggie comparisons. https://www.babycenter.com/slideshow-baby-size (Diakses pada 23 Juni 2020)
  4. Pevzner, H. 2020. Week 31 of Your Pregnancy. https://www.verywellfamily.com/31-weeks-pregnant-4159202 (Diakses pada 22 Juni 2020)
  5. Roland, J. 2017. 31 Weeks Pregnant: Symptoms, Tips, and More.  https://www.healthline.com/health/pregnancy/31-weeks-pregnant#call-the-doctor (Diakses pada 23 Juni 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi