Perkembangan Janin 3 Bulan: Bisa Mendengar Suara

perkembangan-janin-3-bulan-doktersehat

DokterSehat.Com – Tanda-tanda kehamilan akan mulai terlihat saat perkembangan janin 3 bulan. Embrio dalam rahim telah berkembang menjadi janin. Pada masa ini, janin sudah menyerupai bentuk manusia. Otak janin akan berkembang, terutama bagian yang bertanggung jawab untuk memori dan pemecahan masalah. Sementara jantung sudah terbentuk sepenuhnya dan berdetak tiga kali lebih cepat dari jantung ibu.

Saat perkembangan janin memasuki usia 3 bulan, perut akan tampak membesar sehingga membuat Anda mengganti pakaian dengan ukuran yang lebih besar. Perkembangan janin 3 bulan ini membuat gejala morning sickness berkurang dan tubuh dapat lebih menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi.

Perkembangan Janin 3 Bulan

Pada akhir bulan ketiga kehamilan, janin sudah terbentuk sempurna. Janin telah memiliki lengan, tangan, jari, dan kaki. Selain itu, organ reproduksi bayi mulai berkembang akan tetapi jenis kelamin bayi belum bisa ditentukan. Sistem peredaran darah dan saluran kencing bekerja dan hati menghasilkan empedu.

Pada umumnya, perkembangan janin 3 bulan memiliki panjang sekitar 7,6 -10 cm dengan berat sekitar 28 gram. Perlu diketahui juga, karena perkembangan janin yang paling kritis telah terlewati, peluang terjadinya keguguran akan menurun drastis setelah memasuki usia kehamilan tiga bulan.

Berikut adalah perkembangan janin 3 bulan atau 13-16 minggu usia kehamilan:

  • Minggu 13

Pada minggu ke-13 kehamilan, usus bayi telah pindah dari tali pusat ke perut. Perkembangan kelamin mulai terbentuk secara eksternal, meski begitu pada tahap ini  belum dimungkinkan untuk mengidentifikasi jenis kelamin.

Selain itu, pada tahap ini janin juga mulai membentuk urine yang dikeluarkan ke dalam cairan ketuban. Jaringan terus berubah menjadi tulang di sekitar kepala dan di tungkai janin.

Jari tangan dan kaki juga telah terpisah, kuku mulai terbentuk dan beberapa rambut bahkan mungkin tumbuh. Kepala janin dapat bergerak dan bentuk wajah terus berkembang.

Selain perkembangan janin, kondisi rahim juga akan membesar dan berganti posisi menjadi di atas panggul. Pada masa ini biasanya ibu hamil mulai merasa kelelahan.

  • Minggu 14

Pada minggu ke 14 kehamilan, lengan dan leher akan berkembang, memiliki alis, bisa mengerutkan kening atau menyipit. Pada tahap ini, beberapa janin mungkin mulai mengisap ibu jarinya.

Perkembangan janin tahap ini juga dapat membuat janin mengeluarkan cairan yang ditelannya kembali ke cairan ketuban dalam bentuk urine. Sel darah merah juga sudah terbentuk di limpa.

Ari-ari sudah sepenuhnya mendukung janin dan memberinya nutrisi, serta memproduksi hormon yang diperlukan untuk mendukung kehamilan.

Pada janin perempuan, folikel ovarium mulai terbentuk dan pada bayi laki-laki, prostat mulai muncul. Perkembangan janin tahap ini dimungkinkan untuk mengidentifikasi jenis kelamin.

Di tahap ini, perkembangan janin 3 bulan sekitar 9 cm dan beratnya sekitar 40 gram. Bentuk rahim kira-kira seukuran jeruk bali dan mungkin akan menekan kandung kemih, kondisi yang membuat ibu hamil sering ke toilet.

  • Minggu 15

Pada minggu ke 15 kehamilan, janin dapat mendengar suara dari luar atau dari sistem pencernaan, jantung, atau suara ibu. Selain bisa mendengar suara, janin juga menjadi peka terhadap cahaya dari luar perut meski mata masih tertutup.

Janin tumbuh dengan cepat dan mengembangkan tulang yang akan segera terlihat pada pemeriksaan USG.

  • Minggu 16

Pada minggu ke 16 kehamilan, sistem saraf bayi terus tumbuh dan berkembang, kondisi ini memungkinkan janin untuk membuat gerakan yang terkoordinasi. Kepalan tangan atau saling memegang tangan bisa saja terjadi.

Selain itu, bulu mata dan alis sudah terbentuk, bersama dengan kuku serta rambut halus yang disebut lanugo—telah menutupi tubuh untuk membantu melindungi kulitnya. Jelang melahirkan, rambut halus ini akan hilang, karena tubuh memiliki cukup lemak untuk memberikan perlindungan pada kulit.

Pada tahap ini, mata sudah mulai bergerak perlahan dan telinga sudah hampir pada posisi yang tepat untuk melahirkan. Panjang janin di tahap ini sekitar 12 cm.

Perubahan yang Terjadi pada Tubuh Ibu

Jika gairah seksual mengalami penurunan di awal kehamilan, saat memasuki perkembangan janin 3 bulan gairah seksual justru bisa beranjak naik. Namun, keengganan untuk berhubungan seksual adalah sesuatu hal yang normal.

Selain itu, frekuensi buang air kecil bisa meningkat karena kandung kemih yang tertekan rahim. Meski belum mengenakan busana hamil, namun Anda mungkin telah mengganti pakaian sehari-hari dengan pakaian yang lebih longgar dan nyaman.

Sementara stretch mark juga bisa mulai tampak pada perut bagian atas, bokong, paha, dan payudara. Payudara Anda mulai mempersiapkan produksi air susu ibu (ASI) sehingga terasa lebih kencang dan membesar. Pembuluh darah juga mulai terlihat pada kulit payudara.

Berikut ini adalah perubahan-perubahan lain yang harus Anda kenali, diantaranya:

  1. Perubahan berat badan. Ibu hamil bisa memiliki peningkatan berat badan yang drastis seiring dengan perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya. Peningkatan berat badan ini normal dan tandanya janin sedang tumbuh di dalam rahim.
  2. Kadar hormon lebih stabil dibandingkan bulan sebelumnya saat mengalami tanda-tanda kehamilan. Suasana hati ibu hamil pun sedikit demi sedikit akan mulai berubah.
  3. Aliran darah ke janin mulai meningkat, ibu hamil mulai merasakan berkurangnya rasa tidak nyaman di organ pencernaannya terutama di bagian perutnya.

Hal-hal lain yang  Harus Diwaspadai Ibu Hamil 3 Bulan

  • Saat usia kandungan memasuki tiga bulan, ibu hamil boleh melakukan hubungan seksual namun harus tetap berhati-hati dikarenakan janin masih rawan keguguran. Hubungan seksual sebaiknya dihindari jika: terdapat gangguan pada leher rahim, mengalami pendarahan atau keluarnya cairan vagina yang tidak normal, dan mengalami plasenta previa atau letak plasenta yang terlalu rendah.
  • Ibu hamil yang memiliki riwayat keguguran sebaiknya menunda hubungan intimnya sampai usia kandungan memasuki usia 5 bulan ke atas.
  • Jika hubungan intim membuat flek bercak darah, hubungan intim sebaiknya dihindari.

Perkembangan janin 3 bulan adalah usia di mana janin mulai dapat mendengar. Jika Anda berniat memperdengarkan musik pada janin, Anda dapat memulainya saat Anda hamil 3 bulan. Pada masa ini, janin telah dapat mendengar bunyi-bunyian dan percakapan.

 

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau dr. Jati Satriyo

Sumber:

  1. Robertson, Sally, B.Sc. Pregnancy: 13 – 16 weeks. https://www.news-medical.net/health/Pregnancy-13-16-weeks.aspx. (Diakses pada 15 November 2019).
  2. The First Trimester: Your Baby’s Growth and Development in Early Pregnancy. https://www.webmd.com/baby/1to3-months. (Diakses pada 15 November 2019).
  3. Fetal ultrasound – 3 months. https://www.babycentre.co.uk/3-months-pregnant. (Diakses pada 15 November 2019).