Terbit: 23 Juni 2020 | Diperbarui: 27 Juni 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Semakin mendekati waktu persalinan, kini Anda tengah hamil 28 minggu! Di usia kehamilan 28 minggu ini, perkembangan apa saja yang sudah dan sedang dialami oleh janin? Simak informasi perkembangan janin 28 minggu beserta tips kehamilan berikut ini.

Hamil 28 Minggu, Perkembangan Otak Semakin Pesat

Perkembangan Janin saat Hamil 28 Minggu

Selamat datang di trimester ketiga dari kehamilan Anda! Ya, hamil 28 minggu merupakan awal dari trimester 3 atau trimester akhir sebelum Anda melahirkan sang buah hati tercinta. Memasuki usia kehamilan 28 minggu, tentunya sejumlah perkembangan signifikan dialami oleh janin di dalam perut.

Apa saja perkembangan janin 28 minggu? Pertama, ukuran janin kini sudah sebesar terong dengan panjang kurang lebih 38 cm. Sementara itu, berat janin 28 minggu kira-kira 1 kg.

Sementara itu, di minggu ini otak mengalami perkembangan yang cukup pesat yakni terbentuknya jutaan sel saraf yang nantinya berfungsi menunjang fungsi organ tersebut. Tak heran, kini buah hati Anda sudah mulai bisa mendengar, menyentuh, dan merasakan.

Pada kehamilan minggu ke-28 ini, posisi kepala janin idealnya berada di bawah menghadap ke vagina. Akan tetapi, ada kasus di mana posisi kepala janin 28 minggu tetap di atas (dikenal dengan istilah ‘sungsang’). Operasi Caesar menjadi satu-satunya cara melahirkan apabila di minggu ini—hingga seterusnya—bayi Anda berada di posisi tersebut.

Janin 28 minggu juga masih mengalami perkembangan pada sejumlah aspek lainnya seperti:

  • Lapisan lemak yang terus memadatkan kulit
  • Rambut di kepala terus bertumbuh
  • Tali pusat berhenti bertumbuh
  • Bayi mulai bisa ‘bermimpi’
  • Bayi sering mengedipkan mata
  • Bayi suka menjulurkan lidah

Perubahan Tubuh saat Hamil 28 Minggu

Apa saja perubahan dan gejala yang dialami oleh tubuh Anda ketika sedang hamil 26 minggu? Apakah masih sama seperti minggu-minggu sebelumnya? Simak informasinya berikut ini.

1. Gerakan Bayi Semakin Terasa

Janin 28 minggu lebih aktif bergerak, sehingga jangan heran jika di periode ini Anda akan lebih sering merasakan pergerakan si buah hati, terutama tendangan kakinya. Dokter mungkin akan meminta Anda untuk menghitung seberapa sering bayi menendang perut karena hal ini bisa saja berkaitan dengan kondisi kesehatan bayi.

2. Kram Kaki

Karena janin terus bertambah berat badannya, otomatis beban Anda pun meningkat. Selain itu, rahim yang semakin membesar menyebabkan aliran darah ke area kaki mengalami hambatan. Kondisi ini lantas akan menimbulkan gejala berupa kram pada area kaki.

Kendati gejala hamil 28 minggu yang satu ini tidak berbahaya, tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya batasi pergerakan Anda, terutama ketika gejala kram mulai muncul.

3. Tekstur Kuku Berubah

Perubahan tekstur kuku juga kerap dialami oleh ibu hamil ketika usia kehamilan mencapai 28 minggu. Sebagian mengalami pengerasan tekstur kuku, namun ada juga yang justru kukunya malah menjadi lebih lunak.

4. Nyeri Punggung

Berat badan yang mengalami kenaikan ditambah dengan adanya perubahan hormon juga menimbulkan gejala lainnya yakni nyeri punggung. Kondisi ini sebenarnya juga dialami di minggu-minggu sebelumnya, dan masih berlanjut ketika usia kehamilan memasuki minggu ke-28.

Selain perubahan tubuh dan gejala di atas, masih ada sejumlah gejala lainnya yang menyertai kehamilan 28 minggu, yaitu:

  • Sulit BAB (sembelit)
  • Sulit tidur
  • Sering buang air kecil

Pemeriksaan Kehamilan

Pemeriksaan kehamilan pada minggu ke-28 adalah sebagai berikut:

1. Pemeriksaan Kehamilan Umum

Pemeriksaan janin 28 minggu dilakukan dengan medium ultrasonografi (USG). Pemeriksaan USG bertujuan untuk melihat bagaimana kondisi janin, apakah perkembangannya berjalan dengan baik atau justru ada abnormalitas yang terjadi.

2. Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik bertujuan untuk memastikan bahwa ibu hamil dalam keadaan sehat sehingga kehamilan dapat berjalan baik. Pemeriksaan fisik di antaranya meliputi:

  • Pengukuran tekanan darah
  • Pengukuran tinggi dan berat badan
  • Pengukuran panggul
  • Pemeriksaan vagina
  • Pemeriksaan urine

Tips Kehamilan

Saat sedang hamil 28 minggu, ingat selalu untuk tetap menerapkan sejumlah tips kehamilan berikut ini:

1. Makan Makanan Bergizi

Janin Anda sudah tumbuh dan berkembang dengan sehat sejauh ini. Nah, agar perkembangannya tetap berjalan baik hingga hari kelahiran tiba, Anda tetap harus mencukupi kebutuhan nutrisi baginya. Caranya tentu saja dengan mengonsumsi makanan bergizi, utamanya buah dan sayur-sayuran.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen penunjang seperti susu khusus ibu hamil dan sebagainya. Konsultasikan dengan dokter apa saja gizi yang harus dipenuhi saat hamil 28 minggu.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Air putih juga jangan sampai dikurangi asupannya di minggu ke-28 dari kehamilan Anda, ya. Mengonsumsi air putih 8-12 gelas per hari penting untuk menjaga agar tubuh Anda tetap terhidrasi sehingga berdampak pada lancarnya aliran darah di dalam tubuh.

3. Olahraga

Berolahraga di usia kehamilan 28 minggu masih sangat diperlukan. Hal ini semata-mata untuk membuat tubuh Anda tetap bugar, pun sebagai ‘obat’ penghilang stres.

Beberapa jenis olahraga yang disarankan masih sama seperti minggu sebelumnya, yaitu:

  • Yoga
  • Senam hamil
  • Stretching
  • Jogging
  • Bermain sepeda statis

Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai tata cara melakukan olahraga yang aman dan nyaman saat hamil.

4. Istirahat yang Cukup

Tetap sama seperti tips kehamilan di minggu-minggu sebelumnya, di usia hamil 28 minggu ini Anda harus waktu istirahat yang cukup, terutama di malam hari. Waktu istirahat yang kurang akan membuat tubuh Anda semakin lelah. Jika dibiarkan, hal ini dapat menimbulkan efek negatif bagi diri sendiri maupun janin yang tengah dikandung.

Baca Juga: Hamil 29 Minggu, ‘Tendangan’ Janin Semakin Terasa

 

 

  1. Anonim. 28 Weeks Pregnant.  https://www.babycenter.com/28-weeks-pregnant (Diakses pada 22 Juni 2020)
  2. Anonim. 28 Weeks Pregnant.  https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-28.aspx (Diakses pada 22 Juni 2020)
  3. Marple, K. How big is my baby? Week-by-week fruit and veggie comparisons. https://www.babycenter.com/slideshow-baby-size (Diakses pada 22 Juni 2020)
  4. Pevzner, H. 2020. Week 28 of Your Pregnancy.  https://www.verywellfamily.com/28-weeks-pregnant-4159110 (Diakses pada 22 Juni 2020)
  5. Holland, K. 2017. 28 Weeks Pregnant: Symptoms, Tips, and More.  https://www.healthline.com/health/pregnancy/28-weeks-pregnant#symptoms (Diakses pada 22 Juni 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi