Terbit: 19 Juni 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Tak terasa, kini Anda tengah hamil 11 minggu. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat usia kehamilan memasuki 11 minggu, termasuk bagaimana perkembangan janin dan bentuk perut hamil 11 minggu. Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Hamil 11 Minggu, Wajah Bayi Sudah Mulai Terlihat

Perkembangan Janin saat Hamil 11 Minggu

Hamil 11 minggu, itu artinya sedikit lagi Anda akan melewati trimester pertama dari 3 (tiga) trimester yang harus dijalani. Pada kehamilan 11 minggu, sejumlah perkembangan yang terjadi pada janin Anda adalah sebagai berikut:

  • Ukuran janin 11 minggu sudah sebesar buah ara dengan panjang dari atas sampai ke bawah kurang lebih 4 cm dan berat 7 gram.
  • Kepala janin semakin membesar dan ukurannya kini lebih besar daripada (calon) anggota tubuh yang lainnya.
  • Alat kelamin mengalami proses perkembangan tahap akhir, namun tetap belum bisa diidentifikasi.
  • Kelopak mata terus mengalami pertumbuhan, namun baru akan mencapai bentuk sempurnanya di minggu ke-24.
  • Mata, telinga, dan mulut masih terus tumbuh dan berkembang dan wajah calon bayi kini makin terlihat jelas.
  • Jari tangan dan kaki bertambah panjang.
  • Napas janin mulai bisa dirasakan, namun dengan bantuan ultrasonografi.
  • Janin sudah aktif bergerak, namun belum bisa terlalu dirasakan oleh ibu.

Jika saat pemeriksaan dokter mengindentifikasi perkembangan-perkembangan tersebut, ini artinya perkembangan janin di 11 minggu kehamilan Anda berjalan dengan lancar.

Perubahan Tubuh

Setelah mengetahui apa saja perkembangan janin saat hamil 11 minggu, kini saatnya untuk mengetahui perubahan apa saja yang terjadi pada tubuh Anda di minggu ini. Apa saja perubahan yang terjadi di kehamilan 11 minggu?

1. Perut Membesar

Perut ibu hamil 11 minggu bisa jadi sudah mulai terlihat membesar, bisa juga tidak. Sudah dapat dilihat pembesarannya apabila ini merupakan kehamilan kedua, ketiga, maupun seterusnya, atau Anda tengah mengandung anak kembar.

Sementara jika ini merupakan kehamilan pertama Anda, maka umumnya perut belum terlihat membesar. Perut baru benar-benar terlihat membesar setelah memasuki trimester kedua atau memasuki minggu ke-14.

Perut yang membesar ini dikarenakan peningkatan volume air ketuban yang mana air ketuban ini fungsinya untuk melindungi janin selama ia tumbuh dan berkembang. Volume air ketuban yang bertambah tersebut lantas membuat rahim otomatis juga bertambah. Inilah yang kemudian membuat perut terlihat besar.

2. Payudara Membesar

Masih sama seperti minggu-minggu sebelumnya, payudara ibu hamil 11 minggu akan terlihat membesar. Tak hanya itu, tekstur payudara juga jadi lebih lembut dan lunak dan jadi lebih sensitif terhadap rangsangan. Sayangnya, ada waktu di mana payudara Anda akan terasa nyeri. Tak perlu khawatir karena hal ini tergolong wajar dan akan mereda dalam beberapa saat.

Akan tetapi, segera kunjungi dokter guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut apabila rasa nyeri pada payudara tak kunjung hilang dan semakin bertambah intensitasnya.

3. Kulit Tampak Lebih Cerah

Kehamilan 11 minggu juga membuat kulit tubuh Anda akan terlihat lebih cerah daripada biasanya. Adanya perubahan hormon di dalam tubuh dianggap sebagai alasan mengapa hal ini bisa terjadi.

4. Pertumbuhan Rambut Cepat

Selain kulit yang lebih cerah, rambut ibu hamil 11 minggu juga akan tumbuh dengan cepatnya. Tak hanya itu, kerontokan rambut yang terjadi pun lebih sedikit ketimbang biasanya. Tekstur rambut juga bisa jadi lebih kering atau bahkan lebih berminyak.

5. Morning Sickness

Kehamilan minggu ke-11 juga masih ditandai oleh gejala morning sickness berupa mual, muntah, dan bisa juga disertai kepala pusing. Mual dan muntah di usia kehamilan 11 minggu dapat terjadi di pagi, siang, sore, maupun malam hari.

Morning sickness saat hamil merupakan suatu kewajaran. Berdasarkan laporan dari The National Collaborating Centre for Women’s and Children’s Health, 80-85 persen wanita mengalami gejala mual saat hamil, sedangkan 52 persen lainnya disertai dengan gejala muntah.

Apabila Anda mengalami morning sickness, atau ingin meminimalisir gejalanya, Anda bisa menerapkan sejumlah tips berikut ini:

  • Perbanyak konsumsi camilan.
  • Hindari konsumsi makanan pedas.
  • Jangan langsung berbaring setelah makan.
  • Hindari pemicu mual dan muntah seperti aroma ruangan atau makanan tertentu.
  • Minum air putih yang cukup.

Jika setelah melakukan cara-cara di atas gejala mual dan muntah tak kunjung hilang, segera periksakan diri Anda ke dokter guna dilakukan penanganan medis lebih lanjut.

6. Nyeri Ulu Hati (Heartburn)

Selain mual dan muntah, ibu hamil 11 minggu juga kerap mengalami nyeri dan rasa panas di area ulu hati. Kondisi yang dikenal dengan istilah heartburn ini bahkan menurut penelitian dialami oleh 95 persen wanita hamil.

Sebaiknya hindari konsumsi makanan pedas guna mencegah kondisi yang satu ini. Selain itu, usahakan untuk makan dalam porsi kecil namun sering alih-alih makan dalam porsi besar. Anda juga bisa mengonsumsi obat antasida guna meredakan gejala nyeri ulu hati namun sebaiknya konsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter.

7. Tubuh Mudah Lelah

Tubuh lelah yang Anda alami di minggu ke-11 ini juga masih disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon estrogen, pun volume darah. Jangan paksakan diri untuk tetap beraktivitas manakala tubuh sudah mulai terasa lelah. Sebaiknya batasi dulu aktivitas berat selama hamil dan perbanyak waktu isitirahat.

Pemeriksaan Kehamilan

Memasuki usia kehamilan 11 minggu, Anda tetap perlu melakukan pemeriksaan medis guna memastikan jika kehamilan berjalan dengan baik. Pemeriksaan medis yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Pemeriksaan Kehamilan Umum

Pemeriksaan kehamilan umum dilakukan guna memantau perkembangan janin. Dokter akan menggunakan medium ultrasonografi (USG) untuk melihat kondisi janin 11 minggu Anda. Dokter juga akan melakukan sejumlah pemeriksaan lain guna mencari tahu apakah ada potensi komplikasi kehamilan atau tidak.

2. Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik dilakukan untuk memastikan jika ibu dalam keadaan sehat sehingga kehamilan dapat berjalan baik. Pemeriksaan fisik di antaranya meliputi:

  • Pengukuran tekanan darah
  • Pengukuran tinggi dan berat badan
  • Pengukuran panggul
  • Pemeriksaan vagina

Tips Kehamilan

Selama menjalani kehamilan 11 minggu (dan seterusnya),  Anda disarankan untuk menerapkan sejumlah tips berikut ini secara rutin dan konsisten agar kehamilan berjalan dengan lancar sampai hari persalinan. Apa saja tipsnya?

1. Memeriksakan Kandungan secara Berkala

Lakukan pemeriksaan medis secara berkala dengan dokter kandungan Anda. Hal ini untuk memantau perkembangan janin di dalam kandungan, pun mengetahui apa saja yang sebaiknya dilakukan atau dihindari selama kehamilan.

2. Makan Makanan Bergizi

Mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi penting lainnya menjadi suatu kewajiban agar perkembangan janin 11 minggu dan seterusnya berjalan dengan baik. Vitamin dan nutrisi bisa Anda dapatkan dari makanan maupun suplemen.

Konsultasikan pada dokter mengenai makanan bergizi apa saja yang sebaiknya dikonsumsi guna menunjang tumbuh kembang janin dan menjaga agar Anda tetap sehat.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup membantu tubuh Anda tetap terhidrasi. Hal ini menjadi penting karena dehidrasi dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi kehamilan. Disarankan bagi Anda untuk mengonsumsi 8-12 gelas air putih setiap harinya.

4. Menjaga Kebersihan

Kehamilan, tak bisa dipungkiri, turut memengaruhi daya tahan tubuh Anda, yakni daya tahan tubuh menjadi lebih lemah. Oleh sebab itu, selain mengonsumsi vitamin dan suplemen penunjang imunitas, yang harus Anda lakukan guna meminimalisir risiko terserang penyakit adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri seperti cuci tangan sebelum makan dan lainnya lagi.

5. Istirahat dan Kelola Stres dengan Baik

Tetap sama seperti tips kehamilan di minggu-minggu sebelumnya, di usia hamil 11 minggu ini Anda dianjurkan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Selain itu, mengelola stres yang datang menghampiri dengan baik juga diperlukan agar Anda dan calon buah hati senantiasa sehat sampai hari persalinan tiba.

Baca Juga: Hamil 12 Minggu, Mual dan Muntah Mulai Berkurang

 

  1. Anonim. 11 Weeks Pregnant. https://www.babycenter.com/11-weeks-pregnant (Diakses pada 15 Juni 2020)
  2. Anonim. 11 Weeks Pregnant. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-11.aspx (Diakses pada 15 Juni 2020)
  3. Anonim. 11 Weeks Pregnant. https://www.babycenter.com/11-weeks-pregnant (Diakses pada 15 Juni 2020)
  4. Marple, K. How big is my baby? Week-by-week fruit and veggie comparisons. https://www.babycenter.com/slideshow-baby-size (Diakses pada 15 Juni 2020)
  5. Pevzner, H. 2020. Week 11 of Your Pregnancy. https://www.verywellfamily.com/11-weeks-pregnant-4158930 (Diakses pada 15 Juni 2020)
  6. Schaeffer, J. 2017. 11 Weeks Pregnant: Symptoms, Tips, and More. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-symptoms-week-11 (Diakses pada 15 Juni 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi