Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernah mendengar atau menggunakan metode kecantikan bernama peeling? Cara ini cukup dikenal dan disukai untuk menjadikan wajah tampak lebih cantik dengan kulit yang indah. Lewat cara ini, kulit-kulit kusam akan dilepas dan digantikan dengan kulit baru yang lebih segar dan sehat. Lalu seperti apakah chemical peeling, bagaimana cara kerjanya, dan amankah untuk wajah?

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Melakukan Chemical Peeling

Photo Credit: Stay Young Longer

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, tujuan utama chemical peeling adalah untuk mengganti kulit lama dengan baru, yang tentunya lebih lembut dan sehat. Cara ini tak hanya bisa dilakuakan di wajah, namun juga leher dan tangan. Cara ini biasanya berguna untuk mengurangi garis halus di bawah mata dan sekitar mulut, mengurangi keriput, menyamarkan bekas luka, menghilangkan jerawat, serta mengurangi berbagai tanda penuaan lainnya.

Chemical peeling biasa dilakukan oleh dokter kecantikan dan tidak membutuhkan prosedur yang berat dan rumit. Pertama-tama, wajah akan dibersihkan Setelahnya, zat kimia akan diaplikasikan ke kulit, yang terdiri dari glycolic acid, trichloroacetic acid, salicylic acid, lactic acid, atau carbolic acid. Dalam waktu singkat, zat tersebut akan memberikan sensasi terbakar pada area yang diaplikasikan. Karenanya, Anda perlu sesuatu untuk mendinginkannya seperti kipas angin. Kondisi akan berlangsung selama kurang lebih 5 hingga 10 menit.

Setelah zat kimia meresap, maka wajah akan kembali dibersihkan. Namun proses ini belum selesai. Pasca prosedur, kulit pertama-tama akan menunjukkan kesan mengkilap dan terlihat kusam. Keesokan harinya akan terlihat tanda-tanda pengelupasan yang akan berlangsung selama beberapa hari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Setelah melakukan peeling, kulit akan lebih sensitif dari biasanya. Selalu gunakan tabir surya dan usahakan tidak berada di bawah sinar matahari langsung. Beberapa orang mungkin dapat mengalami pergantian warna kulit pasca melakukan peeling Ada risiko timbulnya luka di wajah, namun hal itu bisa diatasi dengan obat-obatan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi