Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membuat Tato

DokterSehat.Com– Membuat tato, mungkin menjadi keinginan tersembunyi Anda. Merajah tubuh, meski menyakitkan, entah bagaimana bagi beberapa orang tetap saja menarik untuk dicoba. Namun, sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk membuat tato pada salah satu bagian tubuh, ada bijaknya untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan tato.

Dilansir dari onhealth.com, berikut ini informasi yang kami pilihkan untuk Anda yang berniat membuat tato agar lebih memahami sebelum benar-benar memutuskan, agar pembuatan tato tidak disesali kemudian.

1. Perhatikan studio pembuatan tato yang akan Anda pilih

Hal pertama yang harus Anda pikirkan ketika akan membuat tato adalah studio pembuatan tato. Sebaiknya Anda lebih dulu memastikan kebersihan studio yang akan dipilih. Pastikan studio tato tersebut memiliki lisensi demi terjaminnya kebersihan dan keprofesionalitasannya. Pasalnya, praktik tato juga akan membawa risiko tersendiri jika pembuatannya tidak steril atau sembarangan.

2. Tips aman seputar tato

Sebelum membuat tato, ada beberapa tips aman yang harus Anda perhatikan. Antara lain jangan mengonsumsi alcohol atau obat-obatan terutama aspirin pada malam sebelum tato dibuat, atau pada saat pembuatan tato, pembuatan tato hanya boleh dilakukan saat tubuh dalam keadaan sehat, pastikan kebersihan alat-alat yang digunakan untuk pembuatan tato, pastikan seniman tato yang akan mentato Anda sudah mencuci tangannya dan menggunakan sarung tangan yang steril juga pastikan dia professional di bidangnya. Tidak ada salahnya juga untuk banyak bertanya atau mencari tahu tentang jenis tinta yang akan digunakan untuk mentato.

3. Cari tahu lebih dulu risiko dari pembuatan tato

Risiko akan selalu ada, termasuk pada pembuatan tato. Penting untuk memperhatikan kebersihan peralatan pembuatan tato, karena peralatan yang tidak steril, misalnya jarum, bisa menyebabkan Anda terinfeksi HIV atau Hepatitis C. Selain itu, risiko lain seperti infeksi kulit juga siap mengancam. Selain jarum, perhatikan juga tinta yang akan digunakan. Sebab, tinta yang tidak steril juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti pada paru-paru dan mata atau organ lainnya.

4. Bagaimana menghilangkan tato?

Hal selanjutnya yang perlu Anda tahu sebelum membuat tato adalah tentang cara menghilangkan tato. Tato bersifat permanen, jadi menghapus tato juga tidak akan mudah. Dalam onhealth.com disebutkan, pada dasarnya, ada 3 cara untuk menghilangkan tato, yaitu memotong, menggosok, dan menghapus dengan laser.

Dan, cara paling banyak yang dipilih oleh dokter adalah cara yang terakhir; menghapus dengan laser. Tapi bagaimana pun, tato Anda mungkin tidak akan hilang 100%, jangan juga berharap kulit Anda dapat kembali mulus seperti sebelum Anda mentatonya. Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam penghapusan tato adalah jangan mencobanya sendiri, segera hubungi dokter.