Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Tabir Surya

Tabir-surya-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Skeyndor

DokterSehat.Com– Tabir surya penting untuk perlindungan kulit dari bahaya sinar UV. Produk tabir surya sendiri juga telah banyak tersedia di pasaran mulai dari dalam bentuk losion, gel, stick, dan banyak lagi. Namun, saat memilih tabir surya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti yang dilansir dari stylecraze berikut ini.

Photo Credit: Flickr.com/Skeyndor

1. Tanggal pembuatan

Semakin baru tanggal pembuatan produk tersebut, semakin bagus efeknya untuk perlindungan kulit. Bahan tabir surya cenderung mudah rusak bahkan ketika masih dalam penyimpanan. Oleh karena itu, usahakan untuk membeli yang masih baru tanggal produksinya.

2. Tidak mengandung bahan berbahaya

Periksa daftar bahan pada kemasan. Ini akan membantu Anda mengetahui apakah tabir surya Anda mengandung oxybenzone, pengganggu hormon yang dapat menimbulkan reaksi alergi.

3. Cari yang mengandung SPF 30 atahu lebih

Selalu periksa rentang SPF yang ditawarkan pada kemasan. SPF di atas 15 adalah perlindungan yang cuku[ baik. Namun untuk perlindungan yang jauh lebih efektif, pilih tabir surya dengan SPF 30 atau lebih.

4. Pilih yang berbentuk krim

Tabir surya yang berbentuk semprot dan bubuk biasanya berbahan dasar mineral dan mengandung nanopartikel yang dapat masuk ke aliran darah dan menimbulkan masalah kesehatan. Hindari produk semacam ini dan pilih yang berbentuk krim.

5. Tahan air dan keringat

Jika Anda akan beraktifitas di luar ruangan seharian atau mungkin akan berenang atau ke pantai, pilih tabir surya yang tahan air dan keringat. Tujuannya adalah agar produk tersebut tetap ada pada kulit meskipun terkena air. Meski begitu, Anda akan tetap harus mengulangi pemakaiannya setelah beberapa jam.

Nah, setelah mengetahui apa saja yang harus diperhatikan saat memilih tabir surya, jangan sampai sembarangan memilih lagi, ya. Pilih dengan baik produk Anda agar tidak terjadi masalah atau gangguan kelak setelah pemakaiannya.