Sedang Hamil? Lakukan 5 Hal Ini Usai Bercinta

doktersehat kebersihan vagina setelah seks saat hamil

DokterSehat.Com – Wanita yang sedang hamil memang diperbolehkan untuk berhubungan badan dengan suaminya. Aktivitas tersebut harus dilakukan dengan benar, tidak memaksakan diri, dan kondisi kehamilan sedang baik. Biasanya kehamilan yang cukup aman untuk aktivitas seks adalah trimester kedua dan beberapa kali pada bulan akhir kehamilan.

Nah, kalau Anda masih aktif berhubungan badan saat hamil dan ingin kondisi kandungan tetap baik dan sehat, pilih posisi seks yang benar dan intensitasnya tidak terlalu tinggi. Selain itu, setelah melakukan seks, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Berikut ulasan lengkap ritual usai bercinta kalau Anda sedang hamil.

  1. Selalu buang air kecil

Saat bercinta, area di sekitar vagina akan kotor akibat gesekan penis yang bercampur dengan cairan kemaluan. Kalau Anda tidak segera buang air kecil, kotoran akan tetap menempel di dalam sementara membersihkan area dalam vagina saat hamil sangat berbahaya untuk kesehatan.

Setelah buang air kecil segera bersihkan area vagina hingga kering. Ingat, jangan sampai ada sisa cairan pada vagina bagaimana pun caranya. Sisa cairan yang menempel hanya akan membuat bakteri berkembang dengan cepat dan menyebabkan infeksi yang merugikan.

  1. Bersihkan vagina dengan benar

Setelah kencing, bersihkan vagina dengan benar. Pembersihan ini dilakukan dengan membasuh air yang jernih beberapa kali. Anda boleh menggunakan sabun yang aman dan tidak mengandung pewangi dan bahan kimia berbahaya. Bersihkan area luar khususnya vulva saja.

Jangan memasukkan cairan pembersih di dalam rongga vagina. Kalau Anda melakukannya, flora normal yang ada di dalamnya akan mati dengan cepat. Kondisi ini bisa memicu terjadinya infeksi dari luar dan wanita mengalami kondisi seperti keputihan patogen.

Keputihan patogen sangat berbahaya untuk kesehatan vagina dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Jadi, perhatikan baik-baik proses pembersihan vagina yang Anda lakukan.

  1. Tubuh harus terhidrasi

Tubuh harus terhidrasi dengan baik setelah berhubungan badan. Wanita disarankan untuk mengonsumsi 1-2 gelas air putih dengan jarak berdekatan. Dengan air putih ini tubuh akan kembali segar sehingga Anda bisa segera melakukan aktivitas lain hingga membersihkan kamar.

Selain untuk menghidrasi tubuh pasca bercinta, minum air putih juga memudahkan Anda buang air kecil. Dalam hitungan menit Anda akan kebelet kencing sehingga kotoran yang ada di dalam vagina bisa keluar dengan lebih mudah.

  1. Ganti celana dalam dan pakaian

Pakaian yang digunakan saat bercinta biasanya akan kotor karena ada air liur atau cairan kelamin. Celana dalam biasanya lebih kotor dari pakaian lainnya sehingga Anda harus menggantinya dengan celana dalam yang lebih bersih.

Jangan menggunakan pakaian yang sama seperti saat melakukan pemanasan. Ganti semuanya dengan yang baru agar tidak ada kemungkinan bakteri berkembang biak dengan cepat. Sisa kotoran yang menempel pada pakaian biasanya menjadi tempat bakteri tumbuh sebelum akhirnya masuk ke dalam tubuh melalui vagina.

  1. Mengonsumsi probiotik

Konsumsi minuman atau makanan yang mengandung probiotik. Kandungan probiotik bisa membantu mengatasi gangguan pada pencernaan dan memperbaiki pH dari vagina agar kembali seperti semula. Flora normal juga akan tumbuh dengan baik di sana sehingga wanita akan jarang sekali mengalami infeksi vagina.

Kalau tidak akan minum probiotik Anda bisa mengonsumsi susu atau cokelat yang memberikan energi pada tubuh. Dengan energi ini Anda bisa dengan mudah melakukan aktivitas lanjutan atau beranjak tidur.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang aktif bercinta saat sedang hamil.