Berikut Adalah Beberapa Hal yang Juga Harus Diperhatikan Saat Diet

diet-golongan-darah-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Selama ini Anda mungkin beranggapan bahwa diet hanya berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, bukan? Jika benar, maka Anda akan fokus dalam memerhatikan jumlah makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya. Dan juga mengurangi porsi makan agar berat badan tidak berkurang.

Namun sayangnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, diet tidak melulu tentang jumlah makanan yang akan dikonsumsi saja, melainkan ada beberapa hal penting yang juga harus diperhatikan agar diet yang Anda lakukan berhasil, diantaranya:

1. Jam Makan

Tidak hanya jumlah makanannya saja yang diperhatikan selama diet, melainkan juga jam makan atau waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan. Jam makan yang tidak teratur bisa menggagalkan proses diet yang Anda jalani. Pelajarilah terlebih dahulu jam-jam makan yang tepat dan sesuai dengan tubuh Anda sebelum melakukan diet. Setelah Anda memutuskan untuk mengatur jadwal makan, maka lakukanlah dengan rutin dan jangan sampai melewatkan jam makan, walau hanya sekali.

2. Jam Tidur

Selain mengatur jadwal jam makan, jam tidur juga sangat penting untuk diperhatikan saat sedang dalam proses penurunan berat badan. Sebab, tidur bisa membantu tubuh melakukan proses regenerasi untuk melakukan penguraian. Oleh sebab itu, tidurlah dengan cukup yakni sedikitnya 6 hingga 8 jam sehari. Kalaupun Anda merasa kurang tidur di malam hari, Anda bisa menggantinya pada siang hari.

3. Konsumsi Air Putih

Jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan air putih setiap hari. Air putih memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama saat sedang diet. Konsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari mampu membantu penguraian makanan di dalam tubuh sehingga mudah dikeluarkan dan tidak menumpuk menjadi lemak.

4. Olahraga

Yang terakhir adalah olahraga. Diet yang baik adalah membatasi jumlah makanan dan dibarengi dengan olahraga teratur. Walaupun Anda tak bisa melakukan olahraga intens karena kesibukan, Anda masih bisa bergerak dan beraktivitas yang tujuannya untuk membakar kalori di dalam tubuh.