Ibu Hamil Konsumsi Minuman Berkafein & Bersoda? Perhatikan Ini Dulu!

Minuman-soda-kafein-bumil-doktersehat-1

DokterSehat.Com– Seperti halnya makanan, minuman yang akan dikonsumsi ibu hamil juga harus diperhatikan dengan baik, ya.

Dari berbagai macam minuman yang ada, terdapat beberapa jenis yang dinilai tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Akan tetapi, ibu hamil tetap boleh kok sesekali mengonsumsinya asalkan memerhatikan hal penting sebelum meminum minuman tersebut. Apa sajakah itu?

Minuman yang harus diperhatikan konsumsinya oleh ibu hamil

Anda tentu sering mendengar bukan bahwa ada beberapa jenis minuman yang tak dianjurkan untuk dikosumsi ibu hamil. Sebut saja minuman berkafein seperti kopi, minuman bersoda, serta teh.

doktersehat kopi untuk puasa
photo credit: Pexels by Studio 7042

Beberapa jenis minuman tersebut memang memiliki beberapa kandungan zat atau senyawa yang dikhawatirkan dapat menggangu kesehatan kehamilan.

Seperti kafein pada kopi yang bisa menggangu pola tidur ibu hamil hingga tekanan darahnya dan teh yang juga memiliki kandungan kafein cukup tinggi.

Sedangkan minuman bersoda dinilai memiliki banyak kandungan gula, termasuk gula buatan yang dilarang dikonsumsi samaa sekali oleh ibu hamil.

Lalu, apakah ibu hamil sama sekali tidak boleh memngonsumsi minuman-minuman tersebut?

Meskipun tidak dianjurkan, minuman-minuman tersebut merupakan minuman yang cukup mudah diperoleh oleh ibu hamil.

Maka tak heran jika beberapa ibu hamil memilih miuman tersebut sebagai bagian dari konsumsi minuman harian hingga sebagai minuman yang dinilai mampu mengatasi mual dan muntah.

Hal penting yang diperhatikan ibu hamil mengonsumsi minuman tersebut

Jika sudah begitu, dalam mengonsumsi minuman-minuman yang tidak dianjurkan di atas, ibu hamil harus memerhatikan beberapa hal yaitu:

1. Berapa banyak kandungan zat atau senyawa yang terkandung dalam minuman tersebut

Dari tiga jenis minuman yang harus dibatasu konsumsinya oleh ibu hamil, dua kandungan yang harus mendapat perhatian adalah kandungan kafein dalam kopi dan teh serta kandungan gula yang ada pada minuman bersoda.

doktersehat-manfaat-teh-rooibos
Photo Credit: Pexels.com/
freestocks.org

Batas konsumsi kafein oleh ibu hamil adalah tidak lebih dari 200 mg kafein dalam sehari, sedangkan batas kandungan gula ibu hamil adalah 50-70 gram gula dalam sehari. Angka batasan tersebut tentu tidak hanya diperoleh dari minuman saja ya, namun juga merupakan angka batasan dalam konsumsi satu hari.

2. Porsi yang dikonsumsi

Selain membatasi konsumsi berdasarkan kandungan zatnya, salah satu hal penting adalah porsi konsumsi atau berapa banyak porsi ibu hamil boleh mengonsumsi minuman tersebut dalam satu hari.

Hal ini sebenarnya dipengaruhi oleh kandungan zat yang ada pada minuman tersebut, namun pembatasan porsi menjadi penting agar ibu hamil bisa memahami dengan mudah batasan maksimal konsumsi kopi, teh dan minuman bersoda.

Berbagai pakar dan pedoman di Indonesia menganjurkan bahwa batasan konsumsi minuman berkafein yaitu paling banyak 1-2 porsi yang masing-masing porsinya 175 hingga 250 ml.

Pun sama dengan minuman bersoda yang konsumsinya maksimal 1-2 porsi. Secara umum hal ini bisa diterapkan dengan mudah asalkan jenis minuman tersebut dipilih dengan tepat.

3. Pemilihan jenis minuman yang tepat

Untuk dapat menekan kandungan zat yang ada pada minuman tersebut, memilih variasi lain dari jenis minuman tersebut bisa dilakukan. Bagaiamana caranya?

Caranya adalah dengan memilih minuman berkafein yang rendah kafein serta minuman soda yang rendah gula.

doktersehat-minuman-soda

Pada kopi, ibu hamil dianjurkan memilih kopi rendah kafein seperti kopi hijau atau kopi dengan jenis pemanggangan yang tidak sempurna. Selain itu pada minuman bersoda, ibu hamil bisa memilih minuman bersoda pada jenis soda diet atau low sugar bisa jadi pilihan yang tepat.

Hal ini akan sangat baik untuk mendukung kesehatan kehamilan optimal tanpa harus mengurangi keinginan ibu hamil untuk mengonsumsi minuman tersebut, bukan?