Terbit: 6 Februari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Banyak orang yang mengeluhkan seringnya sensasi lapar muncul. Masalahnya adalah sensasi lapar ini bisa muncul meskipun kita sudah makan dengan cukup atau bahkan ngemil. Meski bisa membuat kita cepat kenyang, dalam realitanya hal ini bisa membuat kita mengalami kenaikan berat badan.

7 Hal Ini Membuat Kita Mudah Lapar Meski baru Makan

Penyebab Mudah Lapar Meski Sudah Makan

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang bisa membuat kita mudah merasa lapar meski sudah makan atau ngemil sebelumnya.

Berikut adalah berbagai penyebab tersebut.

  1. Disebabkan oleh Kurang Minum

Ternyata, rasa lapar yang muncul meski kita sudah makan atau ngemil bisa jadi disebabkan oleh kurang minum. Pakar kesehatan Alisa Rumsey dari American Academy of Nutrition and Dietetics menyebut kurang minum bisa membuat otak kebingungan untuk mengetahui apakah tubuh sebenarnya kelaparan atau haus. Sebenarnya, tubuh sedang membutuhkan air minum, namun otak justru keliru menafsirkannya sebagai kelaparan.

Melihat fakta ini, cobalah untuk meminum air sebanyak satu gelas saat kita merasa lapar meski sudah makan. Setelahnya, tunggu sekitar 15 atau 20 menit. Biasanya, rasa lapar ini akan segera hilang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  1. Disebabkan oleh Kurang Tidur

Selain kurang minum, ternyata kurang tidur juga bisa menyebabkan kita mudah lapar meskipun sudah makan lho. Rumsey menyebut kurang tidur akan mengacaukan keseimbangan hormon, tepatnya dalam membuat kadar hormon ghrelin meningkat drastis. Hormon ini bisa membuat kita lebih mudah lapar. Selain itu, kadar hormon leptin yang bisa membuat kita mudah merasa kenyang juga menurun drastis.

Selain itu, kurang tidur juga bisa membuat fungsi otak menurun. Dampaknya adalah otak kesulitan untuk mengetahui apakah perut sebenarnya terisi atau tidak.

  1. Asupan Karbohidrat Berlebihan

Makanan dengan kandungan karbohidrat seharusnya bisa mengatasi rasa lapar dan membuat kenyang dengan cepat, namun mengonsumsinya dengan berlebihan juga bisa membuat kita mudah kembali lapar dan mengantuk. Hal ini disebabkan oleh kadar gula darah yang naik dengan sangat cepat dan akhirnya berujung pada penurunan kadar gula darah dengan drastis.

Selain nasi, makanan dengan asupan karbohidrat tinggi lainnya seperti donat, pasta, dan kue jika dikonsumsi dengan berlebihan juga bisa membuat kita mudah lapar dalam waktu cepat.

  1. Disebabkan oleh Stres

Ternyata, stres juga bisa membuat kita mudah lapar lho. Hal ini disebabkan oleh otak yang berpikir dengan keras dan akhirnya membutuhkan energi dalam jumlah yang cukup besar. Selain itu, saat stres, otak ternyata mengalami penurunan kadar hormon serotonin. Otak ingin segera mengembalikan kadar hormon yang bisa membuat pikiran senang dan tenang ini dengan cara meningkatkan keinginan untuk makan sesuatu, khususnya yang memiliki rasa manis atau mengenyangkan.

  1. Kekurangan Asupan Lemak

Banyak orang yang berpikir jika lemak sebagai nutrisi yang harus dihindari. Hal ini disebabkan oleh lemak yang sering dituding sebagai penyebab kenaikan berat badan. Padahal, jika sampai kita tidak mendapatkan asupan lemak dengan cukup, akan membuat rasa lapar lebih mudah muncul. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi lemak sehat dari alpukat, daging ikan, dan kacang-kacangan demi mencegahnya.

  1. Melewatkan Waktu Ngemil

Jika kita tidak ngemil di antara waktu makan, bisa jadi akan mudah lapar. Cobalah untuk mengonsumsi camilan sehat seperti kacang-kacangan atau buah demi mengatasi hal ini.

  1. Dampak Dari Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Konsumsi beberapa jenis obat seperti obat untuk mengatasi depresi ternyata bisa membuat kita mudah lapar lho. Kita harus lebih cermat dalam memilih obat demi mencegahnya.

 

Sumber

  1. Berry, Jennifer. 2019. 17 reasons for always feeling hungry. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324523.php. (Diakses pada 6 Februari 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi