Waktu Haid Pertama Wanita Tentukan Kondisi Kesehatannya

doktersehat waktu haid

DokterSehat.Com – Haid adalah tanpa wanita mengalami masa pubertas sebelum akhirnya semua organ seksualnya matang. Pubertas pada wanita tidak terjadi di usia yang sama. Ada wanita yang mengalami pubertas lebih cepat saat usianya masih 10 tahun. Namun, tidak sedikit juga yang mengalami haid pertama di atas usia 13 tahun.

Dari sebuah penelitian yang dilansir oleh Boldsky, usia haid atau puber pertama ya g dialami oleh wanita menentukan kesehatannya di masa depan. Ada wanita yang lebih berisiko terkena kanker payudara dan ada juga wanita yang lebih berisiko terkena serangan jantung.

Penelitian tersebut mungkin tidak 100 persen benar, tapi tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan dini. Kalau memang tidak ada masalah Anda bisa bernapas lega, tapi kalau sampai ada masalah pengobatan harus segera dilakukan.

Mari ingat-ingat lagi, kapan pertama kali Anda mendapat haid dan simak hasil penelitian dalam poin-poin di bawah ini.

  1. Haid terlalu dini di bawah 11 tahun

Wanita biasanya mengalami haid saat usianya mencapai 11 tahun ke atas. Haid pada usia ini normal karena wanita sudah mulai matang secara sekasual. Yang tidak normal adalah wanita yang haid di bawah usia 11 tahun. Haid pada usia ini berisiko sebabkan beberapa penyakit kardiovaskular yang cukup berbahaya dan bisa sebabkan kematian.

Kondisi haid secara dini biasanya dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dari anak. Kalau mereka terbiasa untuk menjadi dewasa dengan sendirinya atau tidak ada perhatian lebih dari orang tua, haid bisa segera muncul. Hormon yang ada di dalam tubuhnya terbiasa untuk naik sehingga tubuh dipaksa untuk dewasa lebih dini.

Oh ya, penyakit kardiovaskular yang dimaksud tadi adalah serangan jantung. Berdasarkan penelitian, wanita yang haidnya lebih cepat rentan mengalami serangan jantung sehingga mereka disarankan untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatannya agar bisa diketahui sejak dini jika ada masalah.

  1. Haid di bawah 12 tahun

Meski haid pada usia 11 tahun termasuk normal dan dialami oleh banyak wanita di seluruh dunia, usia ini tetap dikategorikan dini. Oleh karena itu, beberapa peneliti menyarankan wanita untuk lebih rutin memeriksakan kondisi kesehatannya.

Haid pada usia ini berisiko mengalami kanker payudara. Meski ada banyak faktor yang menentukan munculnya kanker payudara, Anda harus waspada. Coba untuk melakukan uji laboratorium minimal setahun sekali untuk mengetahui ada atau tidaknya penyakit ini di dalam tubuh. Coba cek juga payudara dengan merabanya untuk mengetahui ada atau tidaknya benjolan yang mencurigakan.

  1. Haid dan menopause

Haid yang terjadi sejak dini pada wanita juga menentukan kapan saja Anda akan mengalami menopause. Umumnya wanita mengalami menopause pada usia 50-an tahun. Namun, ada kalanya wanita mengalami menopause dini dan haid terakhir terjadi pada usia 44 tahun atau kurang dari itu.

Wanita yang haid pada usia 12 tahun ke bawah biasanya rentan mengalami menopause dini. Oleh karena itu mereka disarankan untuk lebih banyak menjaga kesehatannya dan aktif secara fisik agar kondisi menopause bisa sedikit ditunda.

  1. Haid di atas usia 12 tahun

Haid tepat pada usia 12 tahun atau sedikit di atasnya ternyata merupakan. Tanda kalau wanita bisa hidup dengan lebih panjang di masa depan. Dari penelitian yang dilakukan wanita jadi lebih sehat sehingga ekspektasi hidupnya lebih tinggi ketimbang mereka yang mengalami haid lebih dini.

Oh ya, sekali lagi, kondisi ini tidak serta merta bisa ditelan mentah-mentah. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan wanita. Gaya hidup yang sehat mulai dari apa yang dimakan dan olahraga rutin juga membuat wanita lebih sehat.

Jadi, bagaimana dengan Anda? Kapan pertama kali mengalami haid dan adakah masalah kesehatan yang muncul?