Habis Makan Siang Kok Ngantuk? Ini Dia Penyebabnya

doktersehat-ngantuk-kopi-kerja-kurang-tidur-kantor

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengaku langsung mengantuk setelah makan siang. Dalam dunia medis, hal ini disebut sebagai food coma atau postprandial somnolence. Kondisi ini membuat tubuh terasa lelah, mengantuk, dan sulit berkonsentrasi. Bagaimana bisa hal ini terjadi padahal kita baru saja mengonsumsi makanan yang bisa menjadi sumber energi?

  1. Karbohidrat

Dilansir dari World of Buzz, pemicu utama dari rasa kantuk setelah makan siang adalah karbohidrat dari makanan yang kita konsumsi layaknya roti atau nasi. Meskipun bisa mengenyangkan, hal ini akan memicu kenaikan gula darah dan akhirnya membuat beberapa hormon seperti insulin, tryptophan, dan serotonin akan muncul. Hormon-hormon inilah yang akan membuat kita mudah mengantuk.

  1. Protein dan garam

Selain karbohidrat, kita juga cenderung mengonsumsi makanan dengan kandungan protein dan garam saat makan siang. Hal ini membuat tubuh bekerja keras untuk mencernanya. Energi tubuh pun kemudian dipusatkan pada saluran pencernan dan membuat bagian otak kita tidak benar-benar memiliki energi sehingga tubuh pun akan menjadi mengantuk.

  1. Porsi makanan

Bekerja keras membuat kita lapar dan tanpa disadari hal ini membuat kita cenderung mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar. Yang menjadi masalah adalah, hal ini juga akan membuat sistem pencernaan bekerja keras dan membutuhkan energi yang sangat banyak. Aliran darah pun lebih banyak dialirkan ke perut demi mendukung proses pencernaan.

Agar tidak mudah mengalami food coma atau mengantuk setelah makan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menghindari makanan dengan porsi berlebihan, menjaga keseimbangan gizi dengan cara tidak berlebihan mengonsumsi protein dan lemak, dan ada baiknya mengonsumsi makanan dengan kandungan air seperti sup.

Selalu cukupi kebutuhan air minum dan berjalan-jalanlah sebentar setelah makan agar sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan kita pun tidak akan mudah mengantuk.