Terbit: 9 Agustus 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Menstruasi sudah pasti akan datang pada wanita setiap bulannya. Mulai dari nyeri haid hingga pengaruh hormon, biasanya membuat kita malas untuk melakukan kegiatan yang biasanya kita lakukan, termasuk juga olahraga di gym saat haid.

Gym Saat Haid, Apa Efek Sampingnya?

Selain malas, banyak juga wanita yang masih mempertanyakan keamanan latihan fitnes saat menstruasi, sehingga lebih memilih untuk tidak melakukan fitnes saat menstruasi. Tapi sebenarnya, boleh tidak sih latihan di gym saat haid? adakah efek samping tertentu dari latihan di gym saat haid? Yuk, simak jawabannya di bawah ini!

Bolehkah Nge-Gym Saat Haid?

Jadi, bolehkan nge-gym saat haid? Jawaban dari pertanyaan di atas adalah tentu saja adalah boleh. Pada dasarnya olahraga ketika menstruasi justru merupakan hal yang disarankan. Jadi, tidak ada larangan paten bahwa latihan di gym saat menstruasi itu tidak boleh dilakukan.

Olahraga ketika sedang menstruasi memberikan berbagai manfaat untuk kita seperti tubuh yang melepaskan hormon endorfin yang membantu meringankan nyeri haid, lancarnya aliran darah dalam tubuh, mengurangi stres, hingga memaksimalkan asupan oksigen ke seluruh tubuh. Manfaat ini bisa kita rasakan dari bentuk olahraga apa saja, termasuk fitnes saat menstruasi.

Baca Juga : 5 Olahraga di Gym yang Cocok untuk Wanita

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Adakah Efek Samping dari Latihan di Gym Saat Haid?

Latihan di gym saat haid memang diperbolehkan, tetapi ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Fitnes saat menstruasi bisa memberikan efek samping pada tubuh kita. Tapi efek samping ini hanya akan terjadi bergantung pada kondisi tubuh Anda dan juga pola latihan Anda.

Jika Anda berlatih terlalu keras di gym saat haid, Anda mungkin bisa merasakan efek samping tubuh kelelahan dan juga dehidrasi. Efek samping ini nantinya bisa berujung pada efek samping lainnya seperti gangguan tidur dan juga nyeri otot.

Efek samping lainnya yang mungkin Anda rasakan akibat fitnes saat menstruasi adalah rasa tidak nyaman ketika dan setelah melakukan latihan. Setiap orang memiliki keluhannya masing-masing saat sedang menstruasi.

Beberapa wanita mungkin merasakan kram perut dan juga nyeri di sekujur tubuh yang bisa membuatnya kesulitan untuk bergerak. Kondisi ini tentunya akan sangat menyiksa dan membuat Anda tidak nyaman jika tetap memaksakan untuk latihan.

Latihan yang berfokus pada bagian perut juga bisa memberikan efek otot perut yang semakin tegang hingga bisa memicu kram perut yang lebih parah. Lebih baik Anda memilih latihan yang fokus pada bagian tubuh lain. Gerakan lain mungkin masih mengharuskan otot perut Anda bekerja, tapi tidak masalah jika tidak terlalu berat.

Jadi, latihan di gym saat haid sebenarnya memang tidak dilarang, tetapi sebaiknya Anda menghindari latihan yang terlalu berat dan juga latihan yang berfokus pada area perut. Jika kondisi Anda tidak memungkinkan sama sekali untuk fitnes ketika menstruasi, maka tidak perlu dipaksakan.

Masih banyak pilihan olahraga lainnya yang bisa menjadi pilihan Anda seperti senam aerobik atau zumba, berenang, yoga, pilates, bersepeda, dan juga lari jarak dekat

Tips Aman Olahraga Saat Haid

Apapun olahraga yang Anda lakukan ketika sedang haid, itu tidak menjadi masalah. Asalkan Anda nyaman ketika melakukannya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar olahraga saat menstruasi Anda tetap aman.

  • Konsumsi air putih yang cukup sebelum dan sesudah olahraga agar Anda tidak mengalami dehidrasi.
  • Konsumsi juga makanan bergizi agar tubuh Anda tetap sehat dan tidak merasa lemas.
  • Hindari latihan yang terlalu berat dan juga intens karena kondisi tubuh Anda tidak dalam keadaan maksimal.
  • Tetap jaga kebersihan organ kewanitaan Anda karena ketika sedang haid agar tidak lembap meskipun sedang berolahraga. Area kewanitaan yang lembap bisa memicu tumbuhnya jamur.
  • Jangan melakukan gerakan olahraga yang terlalu ekstrim yang dapat menyebabkan tersumbatnya aliran darah haid.
  • Tidak masalah tidak berolahraga di hari pertama menstruasi ketika darah yang keluar sedang banyak-banyaknya. Lebih baik pilih hari lain ketika kondisi tubuh sudah mulai membaik.

Jadi, apakah Anda tipe orang yang masih bisa latihan di gym saat haid? Apapun olahraga yang Anda lakukan, pastikan Anda mengenali kapasitas diri Anda sendiri, sehingga Anda tidak memaksakan diri dan malah menyakiti diri sendiri.

 

Sumber:

  1. Lindberg, Sara. 2018. Can You Exercise on Your Period?. https://www.healthline.com/health/exercise-during-period. (Diakses 8 Desember 2019).
  2. Wolff, Carina. 2018. 7 Hacks For Having Your Period At The Gym. https://www.bustle.com/p/7-hacks-for-having-your-period-at-the-gym-13035887. (Diakses 8 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi