Terbit: 8 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat kita merasa gugup karena akan melakukan presentasi atau berada dalam acara yang sangat penting, bisa jadi perut kita akan terasa sakit, mengeluarkan banyak keringat, dan ingin buang air besar. Sebenarnya, apa sih penyebab dari hal ini?

Gugup Kok Bisa Bikin Sakit Perut?

Saat kita sedang gugup, maka tubuh akan mengalami stres dan hal ini akhirnya membuat organ di dalam tubuh ikut terpengaruh. Salah satu organ yang paling merasakan efeknya adalah sistem pencernaan. Hal ini akan membuat kita mengalami nyeri atau sensasi tidak nyaman pada perut, mual-mual, muntah, hingga keinginan untuk buang air besar atau buang angin.

Dikutip dari Harvard Health, otak kita mampu memengaruhi kondisi organ dalam jika mengalami stres melalui sistem saraf. Padahal, di dalam organ pencernaan kita juga terdapat sistem saraf yang terkait dengan otak sehingga sangat mudah terkena efek dari rasa stres atau gugup.

Dr. Michael Miller dari Harvard Mental Health Letter menyebutkan bahwa untuk mengatasi nyeri perut dan gangguan pencernaan ini, ada baiknya kita melakukan teknik relaksasi seperti dengan melakukan latihan pernapasan atau meditasi. Hanya saja, jika kita memang ingin buang air besar, segera lakukan jika memang masih ada waktu untuk melakukannya agar tubuh terasa lebih lega.

Cara agar tidak mudah sakit perut atau gangguan pencernaan karena merasa gugup, ada baiknya kita melakukan persiapan sebelum acara dengan lebih baik sehingga secara mental kita pun akan jauh lebih siap.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Selain itu, selalu konsumsi makanan yang sehat dan tidak mudah memicu masalah asam lambung, perut begah, diare, dan gangguan pencernaan lainnya. Rajin-rajinlah berolahraga karena hal ini bisa membuat kita tidak mudah terkena rasa gugup atau cemas.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi