Begini Cara Gorengan Bisa Sebabkan Diabetes

gorengan-doktersehat
Photo Source: Twitter.com/infobdg

DokterSehat.Com– Diabetes seringkali dikaitkan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Padahal, kebiasaan mengonsumsi camilan seperti gorengan juga  bisa menjadi pemicunya. Padahal, logikanya gorengan sama sekali tidak memiliki rasa yang manis seperti kue atau biskuit. Lantas, bagaimana cara gorengan menyebabkan diabetes?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa banyak orang yang tidak menyadari dampak makanan berlemak bagi risiko diabetes jauh lebih tinggi dibandingkan dengan makanan manis. Karena alasan inilah, agar tidak mudah terkena diabetes, ada baiknya kita juga mengurangi konsumsi makanan cepat saji yang kaya lemak dan gorengan selain menurunkan asupan makanan manis.

Selain gorengan, makanan daging-dagingan seperti daging sapi, daging kambing, dan daging babi sebaiknya diturunkan konsumsinya karena memiliki kandungan lemak lebih banyak dibandingkan dengan daging unggas dan ikan. Selain itu, agar tidak mudah terkena diabetes kita juga sebaiknya tidak mengolah makanan-makanan ini dengan sembarangan. Sebagai contoh, daging yang dipepes atau direbus tentu lebih baik jika dibandingkan dengan daging yang digoreng atau dibakar, bukan?

Hanya saja, kita juga harus memperhatikan pola makan secara keseluruhan. Pastikan untuk selalu menjaga kadar gizi yang seimbang dengan tidak mengonsumsi karbohidrat berlebihan dan memperbanyak asupan sayur dan buah, serta rajin berolahraga. Selain itu, perhatikan pula camilan atau minuman yang kita konsumsi setiap hari. Banyak camilan yang tanpa kita sadari kaya akan kandungan gula dan minuman yang kita buat atau beli ternyata memiliki kandungan gula yang lebih banyak dari batasan maksimal konsumsi gula harian.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria