Gorengan Bisa Sebabkan Maag?

gorengan-doktersehat
Photo Source: Twitter.com/infobdg

DokterSehat.Com– Banyak orang yang masih terbiasa makan gorengan setiap hari. Dalam realitanya, gorengan memang memiliki rasa yang enak sehingga cocok untuk dijadikan lauk atau camilan. Sayangnya, sudah menjadi rahasia umum jika hobi makan gorengan bisa menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit, termasuk maag yang bisa sangat menyiksa.

Sebagaimana namanya, gorengan tentu saja diolah dengan cara digoreng di dalam minyak. Yang menjadi masalah adalah, makanan yang digoreng mengalami peningkatan kadar lemak dengan signifikan. Sayangnya, banyak penjual gorengan yang memakai minyak yang sama hingga berulang-ulang kali sehingga membuat kadar lemak jenuh di dalam gorengan menjadi jauh lebih tinggi.

Semakin banyak lemak jenuh, semakin buruk pula dampak yang diberikan oleh gorengan jika sering untuk dikonsumsi. Dampaknya tak hanya bisa memperburuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, melainkan juga bagi lambung yang mengalami perlambatan proses pencernaan. Selain itu, kita juga akan lebih rentan terkena masalah tukak lambung.

Sebagai informasi, tukak lambung adalah kondisi yang membuat lapisan bagian dalam lambung mengalami luka. Hal ini tentu akan membuat rasa nyeri pada perut atau ulu hati. Selain itu, kondisi ini juga bisa membuat kadar asam lambung naik dengan signifikan sehingga membuat sensasi nyeri pada dada.

Jika memang suka mengonsumsi gorengan, ada baiknya kita membuat gorengan ini sendiri, bukannya membeli gorengan di penjual yang ada di pinggir jalan karena seringkali minyak yang dipakai sampai berulang kali. Saat menggoreng gorengan, gunakanlah minyak yang sehat seperti minyak zaitun atau bunga matahari dan jangan memanaskannya terlalu lama atau memakainya berulang kali.