Terbit: 31 Maret 2019
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Dari 4 (empat) golongan darah yang kita kenal, golongan darah AB adalah tipe golongan darah yang paling jarang dimiliki. Selain itu, orang dengan golongan darah AB kabarnya lebih rentan terhadap penyakit gangguan kognitif, benarkah demikian? Lantas, ada fakta golongan darah AB apa lagi yang menarik untuk diketahui?

7 Fakta Golongan Darah AB dan Kepribadian Pemiliknya

Apa Itu Golongan Darah AB?

Golongan darah AB adalah satu dari 4 jenis golongan darah, dan diklaim menjadi golongan darah dengan pemilik paling sedikit.

Secara garis besar, golongan darah terbagi menjadi 4, yakni golongan darah A, B, AB, dan O. Lebih jauh, golongan darah ini terbagi lagi berdasarkan antigen tambahan yang disebut dengan rhesus (Rh), sehingga total ada 8 (delapan) golongan darah, meliputi:

  • Golongan darah A+ dan A-
  • Golongan darah B+ dan B-
  • Golongan darah AB+ dan B-
  • Golongan darah O+ dan O-

Darah yang memiliki faktor rhesus (Rh) ditandai dengan tanda (+). Sebaliknya, tanda (-) menunjukkan kalau di permukaan darah tidak terdapat antigen tambahan atau rhesus (Rh).

Golongan darah AB adalah golongan darah yang memiliki antigen A dan B, namun tidak memiliki antibodi keduanya, menjadikan karakteristik golongan darah AB ini unik dibandingkan dengan jenis golongan darah lainnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

7 Fakta Golongan Darah AB yang Jarang Diketahui

Golongan darah AB mempunyai sejulah fakta menarik yang jarang diketahui, meliputi karakter golongan darah AB, sifat pemilik golongan darah AB, dan yang tak kalah penting factor risiko penyakit golongan darah AB. Berikut ini adalah fakta golongan darah AB yang perlu Anda ketahui.

1. Penerima Donor Universal

Jika golongan darah O adalah pendonor darah universal, maka golongan darah AB adalah penerima donor universal. Ya, Anda yang memiliki golongan darah AB bias menrima donor atau transfusi darah dari golongan darah apapun, dengan catatan rhesus (Rh) yang dimiliki sama.

Pemilik golongan darah AB+ bisa menerima donor dari pemiliki golongan darah A+, B+, dan O+. Begitu juga dengan golongan darah AB- yang  hanya bisa menerima transfusi darah dari golongan darah A-, B-, dan O-. Transfusi darah ke rhesus yang berbeda akan menimbulkan reaksi yang membahayakan.

2. Golongan Darah Paling Langka

Anda yang memiliki golongan darah AB bisa dikatakan ‘spesial’ karena ternyata, golongan darah yang satu ini merupakan golongan darah palingl langka di dunia. Studi yang dilakukan oleh Stanford School of Medicine, sebagaimana dilansir oleh Medical Daily, mengungkapkan bahwasanya golongan darah AB+ hanya mengisi porsi 3,4 persen, sedangkan golongan darah AB-  0, persen saja.

Sementara itu—masih dari studi yang sama—golongan darah O adalah golongan darah dengan pemiliki terbanyak, yaitu 37,4 persen untuk golongan darah O+, dan 6,6 persen untuk golongan darah O-.

3. Gangguan Kognitif

Studi terbaru mengatakan jika ornag-orang dengan golongan darah AB lebih rentan terhadap gangguan kognitif, seperti sulit mengingat, fokus, dan pemahaman bahasa jika dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Hal ini ditengarai akibat adanya protein pembekuan kunci (disebut faktor koagulasi VIII) yang menghambat aliran darah menuju ke otak.  Faktor koagulasi VIII ini erat kaitannya dengan golongan darah AB sehingga dikatakan golongan darah ini memiliki faktor risiko terhadap gangguan funsi otak.

4. Penyakit Serangan Jantung

Selain gangguan kognitif, mereka yang bergolongan darah AB juga memiliki risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung.

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Harvard University mengungkapkan bahwa golongan darah selain O lebih rentan terhadap penyakit jantung. Namun golongan darah AB adalah yang paling berisiko, yakni 23 persen dibanding golongan darah O.

Kendati begitu, dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan makan makanan bergizi sangat mungkin dapat meminimalisir risiko penyakit ini menimpa Anda yang bergolongan darah AB.

5. Kanker Pankreas

Masih soal risiko penyakit golongan darah AB, kanker pankreas adalah jenis kanker yang hendaknya Anda waspadai jika memiliki golongan darah AB.

Peneliti dari Yale University mengungkapkan bahwasanya bakteri Helicobacter pylori, yang menjadi penyebab timbulnya sel kanker pankreas, bisa  berkembang dengan mudah pada antigen A dan B yang membentuk golongan darah AB ini.

6. Pembekuan Darah

Fakta golongan darah AB dari perspektif risiko penyakit selanjutnya adalah pembekuan darah. Kombinasi antigen A dan B pada golongan darah AB disebut-sebut dapat meningkatkan level von Willerand yang menjadi pemicu pembekuan darah.

7. Mudah Stres

Orang dengan golongan darah AB juga mudah mengalami stres. Meskipun begitu, persentasenya tidak sebesar pemilik golongan darah A. Alihkan pikiran Anda ke hal-hal positif manakala rasa stres tengah menimpa.

Fakta Sifat Golongan Darah AB

Berbicara mengenai golongan darah tak lengkap rasanya jika tidak menguak faktaseputar sifat golongan darah tersebut, termasuk sifatgolongan darah AB. Golongan darah AB adalah golngan darah yang unik karena populasinya hanya sekitar 10 persen dari total populasi manusia di dunia.

Lalu, seperti apa sih karakter atau sifat golongan darah AB ini?

1. Pendiam

Ada yang mengatakan jika karakter golongan darah AB adalah pendiam, berbeda dengan golongan darah B yang ‘ramai’. Mereka yang memiliki golongan darah AB cenderung irit bicara. Kalaupun sedang berbicara, omongan mereka umumnya singkat, padat, dan to the point.

2. Misterius

Karena diamnya tersebut, pemilik golongan darah AB lantas terkesan misterius. Mereka acap kali sulit ditebak arah pikiran dan tindakannya. Si golongan darah AB juga pandai menjaga privasinya dan tidak sembarang orang bisa mengetahuinya.

3. Lembut

Di balik sosok misteriusnya, sifat golongan darah AB cenderung lembut. Mereka sangat sensitif dan mudah berempati pada orang lain. Atas kelembutannya itu juga, orang dengan golongan darah AB akan berhati-hati dalam berbicara agar tidak menyakiti hati lawan bicaranya.

4. Dewasa

Irit dan hati-hati dalam berbicara lantas menghasilkan persona yang dewasa pada diri seorang pemilik golongan darah AB. Kedewasaannya ini juga ditunjukkan dengan sikap tenang kala menghadapi suatu masalah. Orang dengan golongan darah AB juga enggan untuk mengumbarapa yang sejatinya tengah ia alami.

5. Rasional

Jika orang lain kerap bermain perasaan, maka pemilik golongan darah AB sangat rasinal dalam berpikir. Ia tak ingin terjebak dalam perasaan dan selalu menyelesaikan masalah secara rasional.

6. Pintar Bernegosiasi

Kendati pendiam, namun siapa sangka ternyata sifat golongan darah AB adalah pintar dalam melakukan negosiasi. Sikapnya yang selalu berbicara secara singkat, padat, dan jelas justru lebih bisa meyakinkan.

Itu dia informasi mengenai golongan darah AB yang perlu Anda ketahui, terutama untuk Anda atau jika pasangannya memiliki golongan darah ini. Bagaimana, setuju dengan fakta golongan darah AB yang tadi dijelaskan? Semoga bermanfaat!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi