4 Fakta Golongan Darah A dan Kepribadian Pemiliknya

golongan-darah-a-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda pemilik golongan darah A? Jika ya, maka ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar golongan darah A, mulai dari kesehatan, risiko penyakit, hingga karakteristik dan sifat golongan darah A. Lantas, apa saja fakta golongan darah A? Benarkah para pemilik golongan darah yang satu ini rentan terhadap penyakit jantung? Simak informasinya berikut ini.

Apa Itu Golongan Darah A?

Golongan darah A adalah satu dari 4 golongan darah. Golongan darah terdiri golongan darah A, golongan darah B, golongan darah AB, dan golongan darah O. Keempat golongan darah tersebut juga masih terklasifikasi lagi berdasarkan antigen tambahan yang disebut rhesus (Rh), sehingga secara umum terdapat 8 jenis golongan darah, yaitu:

  • Golongan darah A+ dan A-
  • Golongan darah B+ dan B-
  • Golongan darah AB+ dan AB-
  • Golongan darah O+ dan O-

Golongan darah A terbentuk dari kombinasi antara antigen A dan antibodi B. Golongan darah A+ jika terdapat faktor rhesus (Rh), sedangkan golongan darah A- jika tidak ada faktor Rh di dalamnya. Golongan darah A dapat menerima transfusi darah dari sesama golongan darah A, dan juga golongan darah O, dengan catatan harus memiliki rhesus yang sama.

Fakta Golongan Darah A yang Jarang Diketahui

Opini yang beredar di masyarakat maupun dunia medis perihal golongan darah A selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa. Satu hal yang kerap dibicarakan dari golongan darah A adalah jenis penyakit yang rentan dialami oleh para pemilik golongan darah A. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah fakta golongan darah A yang perlu Anda ketahui.

1. Golongan Darah A Rentan Terhadap Penyakit Diabetes Tipe 2

Ada anggapan bahwa pemilik golongan darah A rentan terhadap penyakit diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah jenis penyakit diabetes yang paling umum diderita. Penyakit ini terjadi akibat kadar gula darah terlalu tinggi karena tubuh tidak dapat memproses insulin dengan baik. Penyebab diabetes tipe 2 biasanya karena jarang olahraga, genetik, obesitas, dan resistensi insulin

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 80.000-an partisipan, diperoleh fakta bahwasanya memang benar golongan darah A memiliki risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 lebih tinggi dibandingkan mereka yang bergolongan darah B dan O.

2. Golongan Darah A Lebih Berisiko Terkena Kanker

Fakta golongan darah A yang kedua adalah golongan darah ini juga memiliki risiko penyakit kanker yang lebih tinggi dibandingkan dengan golongan darah lain.

Studi yang dilakukan dengan melibatkan 50.000 responden dengan rentang usia 50 – 70 tahun mendapati jika golongan darah A, bersama dengan golongan darah B dan AB, mempunyai risiko penyakit kanker (terutama kanker pankreas dan kanker lambung) lebih besar ketimbang pemilik golongan darah universal alias O.

Kendati begitu, bagi Anda para pemilik golongan darah A, dengan menerapkan pola hidup sehat dan makan teratur, seharusnya tidak perlu terlalu khawatir dengan fakta ini.

3. Golongan Darah A Identik Dengan Infeksi Malaria

Penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa golongan darah A rentan terhadap penyakit malaria. Hal ini karena parasit yang menyebabkan malaria lebih dapat tumbuh dan berkembang di dalam sel golongan darah A ketimbang golongan darah lain.

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk berjenis anopheles. Nyamuk anopheles ini membawa parasit bernama plasmodium.

Oleh sebab itu, selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal Anda guna mencegah perkembangbiakan nyamuk anopheles tersebut.

4. Golongan Darah A Rentan Terkena Penyakit Jantung

Lebih rentan terhadap serangan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung adalah fakta golongan darah A yang banyak dipercayai orang, benarkah demikian? Sebuah penelitian yang melibatkan 27.000 pria dan lebih dari 62.000 wanita mendapati bahwa pemilik golongan darah A memiliki potensi terkena serangan jantung 5 persen lebih besar dibandingkakn pemilik golongan darah O.

Meskipun begitu, fakta lainnya menunjukkan bahwa golongan darah A justru memiliki risiko penyakit jantung bawaan yang lebiih kecil ketimbang pemilik golongan darah O.

Berbicara mengenai penyakit kardiovaskular, penyakit ini lebih disebabkan oleh adanya penyempitan pada pembuluh darah di area jantung dan otak ehingga aliran darah tidak lancar dan mengakibatkan munculnya penyakit seperti gagal jantung, angina, dan stroke.

Menerapkan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, makan teratur dan bergizi, juga istirahat cukup adalah kunci utama untuk meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular pada diri Anda.

Sifat Golongan Darah A

Sepertinya hampir semua dari kita memercayai bahwa golongan darah bisa memengaruhi karakterisitik atau sifat pemiliknya. Benarkan begitu? Berikut ini sifat golongan darah A yang perlu Anda ketahui dan telaah, apakah sesuai dengan kepribadian Anda atau tidak.

1. Peduli

Sifat golongan darah A yang pertama adalah peduli. Ya, orang-orang dengan golongan darah A cenderung memahami betul permasalahan atau kendala yang tengah dialami orang-orang terdekatnya, seperti keluarga atau kekasih. Si golongan darah A tak akan segan-segan untuk, tak hanya bersimpati, namun juga ikut bertindak guna mencari penyelesaian atas masalah yang tengah dihadapi.

2. Menarik dan Berjiwa Kepemimpinan

Mereka yang memiliki golongan darah A juga memiliki pesona atau kharisma yang membuat orang-orang di sekitarnya kagum atau tertarik. Tak hanya itu, pemilik golongan darah juga punya jiwa kepemimpinan yang baik dan bisa diandalkan. Mereka tak ragu untuk mengeluarkan ide dan gagasan yang dimiliki, pun siap memikul tanggung jawab besar yang diamanatkan kepadanya.

3. Perfeksionis

Tidak seperti pemilik golongan darah lainnya yang cenderung impulsive, mereka si golongan darah A justru menuntut perencanaan yang matang sebelum mengambil tindakan. Mereka ingin agar segala sesuatunya berjalan dengan sempurna tanpa ada cela apapun.

Standar tinggi ini membuat pemilik golongan darah A mampu bekerja dengan penuh totalitas dan konsisten, yang mana bagus untuk pengembangan karier mereka ke depannya.

Itu dia beberapa informasi mengenai golongan darah A yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, apakah sifat golongan darah A yang tadi disebutkan sesuai dengan kepribadian Anda? Semoga bermanfaat!