Obat Glukosamin Hidroklorida: Fungsi, Manfaat, & Cara Kerja

Glukosamin Hidroklorida-doktersehat

Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit osteoarthritis? Ataukah Anda justru sudah pernah bertemu dengan penderita penyakit osteoarthritis alias penyakit persendian? Umumnya yang terjangkit penyakit tersebut adalah orang dewasa dan sering kali diderita oleh manula. Pernahkah Anda membeli salah satu jenis obat mengobati atau bahkan mencegah penyakit osteoarthritis? Salah satu obat yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan ini adalah Glukosamin Hidroklorida. Lalu obat Glukosamin Hidroklorida obat apa? Obat Glukosamin Hidroklorida adalah obat yang sering kali digunakan untuk merawat, mengontrol, mengobati dan bahkan pencegahan dini penyakit yang bersangkutan dengan persendian

Serangan penyakit persendian dapat terjadi dikarenakan oleh faktor usia. Jika Anda mengenal dengan penderita penyakit persendiaan ini, dokter yang memeriksa mereka akan merekomendasikan salah satu obat untuk merawat bahkan mencegah penyakit persendian lebih dini. Salah satunya dengan obat tipe Glukosamin, seperti obat Glukosamin Hidroklorida ini.

Anda diharuskan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menggunakan obat tipe glukosamin bagi penderita arthritis dan osteoarthritis. Dokter akan memberikan dosis dan resep yang tepat untuk pemakaian obat Glikosamin Hidroklorida lebih lanjut bagi Anda agar obat lebih efektif untuk mengatasi gangguan persendirian.

Setelah mengetahui Glukosamin Hidroklorida obat apa, Anda juga harus mengetahui fungsi Glukosamin Hidroklorida, manfaat Glukosamin Hidroklorida, dan komposisi Glukosamin Hidroklorida.

Fungsi Glukosamin Hidroklorida & Manfaat Glukosamin Hidroklorida

Fungsi Glukosamin Hidroklorida adalah memasok bahan untuk membangun kembali bantal di sendi. Sedangkan manfaat Glukosamin Hidroklorida adalah untuk merawat, mengontrol, mencegah dan memperbaiki penyakit dari kondisi dan gejala penyakit arthrisis, glaukoma, gangguan rahang disebut gangguan temporomandibular (TMD), nyeri sendi, sakit punggung, penurunan berat badan dan osteoarthritis. Lalu komposisi Glukosamin Hidroklorida adalah setiap tablet mengandung Glukosamin.

Setelah Anda mengetahui manfaat Glukosamin Hidroklorida, fungsi Glukosamin Hidroklorida, dan komposisi Glukosamin Hidroklorida,  Anda juga harus mengenai cara kerja obat Glukosamin Hidroklorida tersebut. Mari kenali lebih lanjut mengenai cara kerja obat tipe glukosamin di bawah ini.

Nama: Glukosamin Hidroklorida

Nama Dagang: (3R,4R,5S,6R)-3-Amino-6-(Hydroxymethyl)Oxane-2,4,5-Triol Hydrochloride, 2-Amino-2-Deoxy-D-Glucosehydrochloride, 2-Amino-2-Deoxy-Beta-D-Glucopyranose, 2-Amino-2-Deoxy-Beta-D-Glucopyranose Hydrochloride, Amino Monosaccharide, Chitosamine Hydrochloride, Chlorhidrato de Glucosamina, Chlorhydrate de Glucosamine, D-Glucosamine HCl, D-Glucosamine Hydrochloride, Glucosamine,Glucosamine HCl, Glucosamine KCl, Glucosamine-6-Phosphate.

  • Glukosamin adalah gula amino yang diproduksi secara alami pada manusia. Hal ini juga ditemukan dalam kerang, atau dapat dibuat di laboratorium. Glukosamin hidroklorida adalah salah satu dari beberapa bentuk glukosamin.
  • Penting untuk membaca label produk obat glukosamin secara cermat karena beberapa bentuk yang berbeda dari glukosamin dijual sebagai suplemen. Produk-produk ini dapat mengandung glukosamin sulfat, glukosamin hidroklorida, atau N-asetil-glukosamin. Bahan kimia yang berbeda memiliki beberapa kesamaan, namun mungkin tidak memiliki efek yang sama ketika dikonsumsi sebagai suplemen makanan. Sebagian besar penelitian ilmiah tentang glukosamin telah dilakukan dengan menggunakan glukosamin sulfat. Lihat daftar terpisah untuk glukosamin sulfat. Informasi pada halaman ini adalah tentang glukosamin hidroklorida.
  • Suplemen makanan yang mengandung glukosamin sering mengandung bahan tambahan. Bahan-bahan tambahan sering kondroitin sulfat, MSM, atau tulang rawan ikan hiu. Beberapa orang mungkin berpikir kombinasi ini bekerja lebih baik daripada mengkonsumsi hanya glukosamin saja. Sejauh ini, para peneliti tidak menemukan bukti bahwa menggabungkan bahan-bahan tambahan glukosamin menambah manfaat.
  • Produk yang mengandung glukosamin dan glukosamin ditambah kondroitin sangat bervariasi. Beberapa tidak mengandung apa klaim label. Perbedaannya dapat berkisar dari 25% sampai 115%. Beberapa produk di Amerika Serikat yang diberi label glukosamin sulfat sebenarnya glukosamin hidroklorida dengan menambahkan sulfat. Produk ini akan memiliki efek yang berbeda dari jenis glukosamin sulfat.
  • Orang-orang mengkonsumsi obat melalui mulut untuk penanganan osteoarthritis, rheumatoid arthritis, glaukoma, gangguan rahang disebut gangguan temporomandibular (TMD), nyeri sendi, sakit punggung, dan penurunan berat badan.
  • Penggunaan obat dapat dioleskan di kulit dalam kombinasi dengan chondroitin sulfat, tulang rawan ikan hiu, dan kamper untuk osteoarthritis.
  • Penggunaan obat digunakan parenteral dan jangka pendek untuk mengurangi gejala osteoarthritis.

Cara Kerja Obat Glukosamin Hidroklorida

Obat Glukosamin Hidroklorida dalam tubuh digunakan untuk membuat “bantal” yang mengelilingi sendi. Pada osteoarthritis, bantal yang mengelilingi sendiri ini lebih tipis dan kaku. Mengkonsumsi obat glukosamin hidroklorida sebagai suplemen mungkin membantu menambah bahan yang dibutuhkan untuk membangun kembali bantalan sendi.

Dengan penggunaan obat glukosamin hidroklorida sebagai suplemen yang akan membantu memulihkan kembali bantalan sendi, diharapkan bahwa penderita penyakit osteoarthritis dapat kembali beraktivitas dengan normal dan mampu bergerak dengan lebih bebas seperti sediakala. Tentu saja hal ini sangat dibutuhkan oleh penderita penyakit ini, karena masalah sendi memang menjadi salah satu penyebab seseorang menjadi tidak dapat bergerak dengan lebih leluasa.

Beberapa peneliti percaya bahwa glukosamin hidroklorida mungkin tidak bekerja sebaik glukosamin sulfat. Mereka berpikir “sulfat” yang menjadi bagian dari glukosamin sulfat merupakan faktor penting, karena sulfat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan tulang rawan.