3 Jenis Gizi Unggulan Ini Hanya ada Pada Seafood!

doktersehat-seafood-kolesterol
Photo Credit: Flickr.com/Maxim Krayushkin

DokterSehat.Com– Apakah Anda penggemar seafood? Seafood memang menjadi makanan yang cukup banyak disukai karena rasanya yang khas dan nikmat.

Berbagai jenis seafood, mulai dari ikan, kerang, udang atau lobster, menjadi pilihan seafood yang banyak dipilih karena super lezat jika dikonsumsi dengan berbagai jenis bumbu.

Akan tetapi, meskipun nikmat dan lezat, seafood kerap dihindari oleh banyak orang.

doktersehat seafood
Photo Credit: Pexels

Hal ini wajar mengingat sebagian besar jenis seafood, memiliki banyak kandungan kolesterol yang tentu bisa dengan mudah meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kondisi tersebut memang benar adanya, akan tetapi bukan berarti dengan mengonsumsi seafood kita sama sekali tidak mendapatkan manfaat, ya.

Hal ini disebabkan seafood, sebagai makanan yang sebagian besar diperoleh dari laut, memiliki kandungan gizi unggulan yang umumnya tidak ada pada bahan makanan lain.

Kandungan gizi ini tentu membuat seafood menjadi bahan makanan yang patut dipertimbangkan untuk dikonsumsi, asalkan dengan melakukan pemilihan jenis dan mengontrol porsi yang tepat.

Lantas, apa saja sih kandungan gizi dan manfaat yang ada pada seafood?

Konsumsi seafood dengan melakukan pemilihan jenis dan porsi yang tepat dapat memberikan manfaat bagi tubuh, karena memiliki kandungan gizi unggulan, yaitu:

1. Protein hewani yang mudah diserap tubuh

Protein hewani yang ada pada seafood merupakan jenis protein yang mengandung asam amino mudah serap oleh tubuh. Hal ini membuat protein hewani yang ada pada seafood merupakan jenis yang berkualitas baik.
doktersehat-kerang-darah-blood-clams-beracunHal ini tentu sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian, karena persentase kebutuhannya bisa lebih cepat terpenuhi dengan memilih seafood sebagai lauk hewani.

Kandungan protein yang ada pada seafood juga disebut lebih baik untuk membentuk kesehatan otot bagian gerak tubuh dan otot jantung.

2. Asam lemak omega 3

Anda tentu sudah sering mendengar bahwa omega 3 menjadi salah satu jenis zat gizi yang penting untuk kesehatan tubuh dan jantung, ya. Melihat pentingnya omega 3 ini, tak jarang ada banyak jenis suplemen yang dijual di pasaran.

doktersehat-salmon
photo credit : pexels.com

Nah, dengan mengonsumsi seafood, Anda bisa memperoleh asupan omega 3 alami yang umumnya ada dalam jumlah banyak pada berbagai jenis seafood.

Hal ini disebabkan jenis asam amino dan asam lemak yang ada pada seafood merupakan jenis yang memiliki kandungan AA dan DHA cukup tinggi.

Omega 3 yang ada pada seafood umumnya bisa diperoleh dari bahan makanan yaitu ikan yang dagingnya berwarna merah, misalnya ikan tuna atau salmon.

3. Kandungan mineral dan vitamin unggulan pada seafood

Kandungan mineral dan vitamin yang ada pada seafood, berbeda dengan kandungan yang ada pada bahan makanan lainnya, mengapa?

Selain disebabkan karena kandungan jenis protein dan lemak yang berbeda, seafood menjadi bahan makanan alami yang mengandung mineral yodium cukup baik untuk tubuh.
Yodium penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh. Tidak hanya mineral yodium, sebagian besar seafood mengandung banyak vitamin B komplek serta mineral jenis selenium dan kalsium.

Nah, itu dia 3 kandungan gizi unggulan yang ada pada seafood.

Agar bisa mendapatkan manfaatnya yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi seafood dalam porsi yang cukup dan frekuensi yang tepat, yaitu 3-4 porsi seafood jenis ikan dalam 1 minggu, dan 1-2 porsi seafood selain ikan dalam 3-4 minggu, ya.

Jangan lupa, usahakan mengolah seafood dengan metode masak rendah lemak, yaitu rebus, kukus, panggang atau bakar, ya.