Super, Ini 4 Zat Hebat Pada Sayur & Buah yang Berwarna-warni!

sebelum-menggunakan-masker-buah-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/ Trang Doan

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda memperhatikan, apa warna buah atau sayur yang paling sering Anda konsumsi?

Buah dan sayur tentu sudah menjadi bahan makanan alami yang paling banyak memiliki warna, ya.

Hal ini juga yang membuat buah dan sayur unggul dibandingkan dengan bahan makanan lainnya, karena ternyata setiap warna yang ada pada buah dan sayur memiliki kandungan zat tertentu yang super sehat, lho.

Kandungan zat fitonutrien yang ada pada sayur dan buah yang berwarna-warni

Berbagai warna yang ada pada buah dan sayur membuat keduanya menjadi bahan makanan yang tidak hanya mengandung vitamin mineral, namun juga memiliki kandungan zat unggulan, yaitu fitonutrien.

Zat fitonutrien inilah yang membuat buah dan sayur menjadi memiliki beragam warna, karena umumnya zat fitonutrien tersebut juga memiliki kandungan pigmen warna.

Zat fitonutrien sebetulnya bukanlah jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, namun adanya asupan zat fitonutrien dalam tubuh telah terbukti memberikan berbagai manfaat, diantaranya:

  • Memberikan asupan antioksidan yang baik untuk tubuh
    Seperti yang kita ketahui, antioksidan menjadi penting karena merupakan zat yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Sehingga antioksidan mampu menekan terjadinya penyakit akibat paparan radikal bebas, misalnya kanker.
  • Menjaga fungsi dan memperbaiki kerusakan DNA tubuh
    Selain mampu melawan radikal bebas, antioksidan dari fitonutrien juga terbukti mampu menjaga fungsi dan mencegah terjadinya kerusakan DNA akibat paparan radikal bebas.
  • Membersihkan tubuh dari racun dan senyawa karsinogen tubuh
    Fitonutrien yang ada pada sayur dan buah juga mampu mendukung fungsi detoksifikasi tubuh, melalui urin, feses, atau kulit, dengan lebih maksimal. Hal ini juga didukung dengan kemampuan antioksidan pada fitonutrien yang mampu melawan karsinogen, atau zat penyebab kanker.
  • Mendukung fungsi kerja imun tubuh
    Fitonutrien memiliki fungsi yang mampu mendukung imunitas tubuh, yang terbentuk dari asupan gizi dan vitamin, dengan lebih baik.

Lantas, apa saja sih zat fitonutrien yang ada pada sayur dan buah?

Berikut beberapa jenis fitonutrien yang ada pada sayur dan buah yang berwarna-warni:

1. Karotenoid

Umumnya fitonutrien jenis karotenoid memberi warna merah, oranye, kuning pada buah dan sayur. Kandungan karotenoid bisa terdapat dalam beberapa jenis, atau turunan, yaitu alfa karoten dan beta karoten.

Karotenoid umumnya memberikan asupan antioksidan yang cukup tinggi, serta mampu memberi manfaat untuk mendukung kesehatan mata.

Anda bisa dengan mudah memperoleh karotenoid pada bahan makanan, yaitu wortel, labu kuning, jeruk, dan sayuran berwarna hijau gelap, seperti bayam dan kale.

2. Flavonoid

Flavonoid bisa ditemukan dalam tiga jenis yaitu katekin atau flavonol. Kedua jenis flavonoid tersebut umumnya tidak memberikan warna.

Kandungan flavonoid dapat diperoleh dari teh hijau, apel, bawang bombai, dan cokelat. Sama seperti karotenodi, flavonoid juga merupakan jenis fitonutrien yang memilki antioskidan kuat.

3. Glucosinolates

Glucosinolates adalah zat fitonutrien yang ada pada sayuran jenis cruciferous, yaitu kol, atau brokoli.

Zat fitonutrien jenis glucosinolates adalah jenis antioksidan yang mampu melawan karsinogen dengan baik.

4. Betalain

Zat fitonutrien yang ada pada bahan makanan yang berwarna kuning dan keunguan ini mampu mencegah paparan zat radikal bebas dan mencegah terjadinya inflamasi pada sel tubuh. Betalain ada dalam jumlah cukup banyak pada buah bit.

Nah, itu dia 4 jenis zat fitonutrien yang super sehat dan ada pada sayur dan buah yang berwarna-warni.

Agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, utamakan konsumsi buah dan sayur di atas sebagai pilihan variasi buah dan sayur harian, ya.