Ingin Menaikkan Berat Badan? Perhatikan 3 Zat Gizi Penting Ini

doktersehat-gizi-naik-berat-badan
Photo Credit: Flickr.com/goblinbox_(queen_of_ad_hoc_bento)

DokterSehat.Com– Sama seperti menurunkan berat badan, menaikkan berat badan juga akan sulit dilakukan jika asupan gizinya tidak tepat. Untuk itu, yuk ketahui apa saja sih zat gizi yang perlu diperhatikan agar berat badan bisa naik.

Menaikkan berat badan berarti harus memerhatikan agar asupan kalori dari makanan lebih banyak dari kalori yang dikeluarkan.

Untuk itu, pemilihan gizi harus dilakukan dengan tepat, karena jika tidak kenaikkan berat badan bisa jadi tidak sehat karena asupan gizinya yang masuk tidak sesuai kebutuhan tubuh.

Beberapa zat gizi yang perlu diperhatikan konsumsinya untuk meningkatkan berat badan adalah:

1. Karbohidrat

Karbohidrat sebagai sumber energi terbesar akan memberikan asupan kalori yang cukup untuk diet. Untuk itu perhatikan bahwa Anda mengonsumsi karbohidrat sesuai dengan jumlah kebutuhan tubuh.

Pilih karbohidrat kompleks, seperti nasi atau roti tepung gandum sebagai pilihan makanan utama agar asupan kalori dalam tubuh bisa meningkat.

2. Protein

Protein sangat erat kaitannya dengan pembentukan massa tubuh, ya. Seperti yang kita ketahui, protein merupakan zat gizi utama pembentuk massa otot tubuh.

Untuk itu pilihlah makanan tinggi protein, baik protein hewani maupun nabati dan konsumsilah dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilihan makanan berprotein tinggi adalah daging merah atau daging unggas segar, telur, susu dan kacang-kacangan jenis kacang hijau, kacang merah atau kacang polong

3. Lemak

Dalam diet menaikkan berat badan, lemak bukan berarti boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak semata-mata hanya untuk menaikkan berat badan ya.

Konsumsi lemak yang berlebihan, meskipun dengan tujuan peningkatan berat badan akan tetap memberikan bahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu pilih lemak dari bahan nabati seperti minyak zaitun atau minyak biji-bijian dan batasi konsumsinya paling banyak lima porsi dalam sehari, ya.